5 Tips Menyemangati Anak yang Malas Sekolah

Hai, Smart Ladies!

Sebagian anak kerap merasa enggan kembali masuk sekolah karena masih ingin menikmati momen liburan sekolah yang menyenangkan. Beragam rasa malas muncul, terlebih di minggu pertama sekolah. Kemalasan melanda sejak menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan sekolah di malam hari, malas berkomunikasi dengan teman-teman untuk sekadar menanyakan info tentang sekolah, sampai malas untuk bangun pagi, malas berangkat sekolah.

Untuk melawan beragam cobaan yang datang di minggu-minggu pertama sekolah, ada baiknya Ladies coba menerapkan beberapa aktivitas berikut ini:

1. Mendengar Nasihat Orang Tua

Tidak bisa dipungkiri, peran orang tua dalam keluarga sangat besar, termasuk memberikan semangat untuk rajin ke sekolah. Sebaiknya mendengarkan masukan-masukan yang disampaikan orang tua dalam menghadapi kendala di minggu-minggu pertama sekolah.


2. Membuat List Keperluan Sekolah bersama Keluarga atau Teman

Meski sedikit terkesan sepele dan membosankan, tapi jika dilakukan bersama keluarga, baik itu kakak atau adik maupun teman-teman dekat tentu akan menimbulkan keceriaan dan menambah semangat untuk sekolah.


3. Menentukan Target

Tak jarang menentukan target di minggu-minggu pertama sekolah terabaikan, tapi cara ini diyakini mampu menumbuhkan semangat untuk kembali sekolah, karena ada keinginan untuk mengejar target yang dibuat.


4. Mencari Teman yang Aktif

Membuang rasa malas memulai hari-hari pertama di sekolah dengan mencari teman yang aktif dalam belajar dapat memberikan energi positif sehingga dapat meningkatkan keinginan untuk kembali belajar.


5. Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Tidak sedikit kegiatan ekstrakulikuler yang bermanfaat dan bisa memberi semangat dalam belajar. Menekuni kegiatan ekstrakulikuler tentu dapat menolong kita untuk melupakan liburan sekolah yang baru saja berlalu.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Ladies bisa mengakhiri suasana libur yang menggelayut di pikiran, sehingga tidak menjadikan kita malas dan enggan untuk hadir di sekolah. Sebaliknya bersemangat untuk berlomba-lomba mengikuti jadwal belajar dan kegiatan yang di buat oleh sekolah. Selamat menikmati masa-masa indah di sekolah ya!

Related posts

Leave a Comment