Tanda Lingkaran Pertemanan Tidak Sehat

Hai, Smart Ladies.

Ladies, hubungan pertemanan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa dibandingkan dengan keluarga, pertemanan yang sehat akan membuat lebih panjang umur. Namun, sama halnya seperti hubungan percintaan, pertemanan pun tak selalu berjalan baik.

Jika berada dalam hubungan pertemanan yang tidak sehat, kita memiliki hak memutuskannya demi kesehatan mental. Berikut beberapa tanda bahwa Ladies berada dalam hubungan pertemanan yang tidak baik

1.Membandingkan Ladies dengan Teman yang Lain

Semua orang tentu tidak suka jika dibanding-bandingkan dan ini juga berlaku dalam pertemanan. Saat bersama, terus-menerus mereka membicarakan bagaimana teman yang lain melakukan sesuatu yang lebih baik dari kita. Tentunya, pertemanan yang sehat tidak akan tega bertingkat seperti itu.

2.Datang Hanya Ketika Sedang Sedih

Pertemanan yang tidak sehat bisa juga ditandai dengan kedatangannya yang hanya dalam keadaan banyak masalah dan sedih. Namun, saat bahagia mereka hilang begitu saja atau tidak ada saat kita membutuhkan walau sekedar mendengar curhat kita.

3. Tidak Mau Berbagi Kabar Bahagia

Meski jarang, kita pasti pernah merasa malas berbagi kabar bahagia kepada teman. Mungkin enggan berbagi cerita bahagia karena takut mereka iri atau cemburu. Jika Ladies merasa takut atau berpikiran buruk tentang respon mereka, berarti selama ini mereka bukanlah teman yang sebenarnya karena teman yang baik akan ikut berbahagia dengan tidak merasa iri atau tersaingi.

4.Tidak Pernah Mendukung

Kejujuran dan kritik dari teman memang sangat diperlukan. Tetapi jika kritikan itu tidak membangun atau justru membuat kita enggan mengejar mimpi, maka bisa dipastikan pertemanan yang dijalani saat ini tidak sehat. Pertemanan yang tidak sehat ditandai dengan kita merasa bersalah karena mengejar obsesi sehingga kita tidak mau untuk maju. Pertemanan yang baik tidak begitu! Kita akan saling mendukung dan menyemangati untuk meraih prestasi.

5.Tidak Memberikan Kita Kesempatan Bicara

Hubungan pertemanan yang sehat adalah yang memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Selain itu, saat bertemu tidak hanya mereka saja yang bercerita sesuatu yang seru, tetapi kita juga diberi giliran untuk bercerita hal yang menarik. Persahabatan adalah timbal balik, teman sejati pun pasti akan mau mendengarkan keluh kesah kita.

6.Menjerumuskan ke Hal yang Tidak Baik

Saat sering melakukan hal-hal yang tidak berfaedah atau melakukan sesuatu yang merugikan diri dan orang lain, sudah sewajarnya kita menyadarkan mereka. Namun, jika mereka tetap tidak sadar atau mungkin sadar tapi tidak mau berhenti melakukan aktivitas itu, sudah saatnya untuk kita sudahi hubungan pertemanan.

Jangan pernah khawatir tidak akan memiliki sahabat lagi karena akan selalu ada orang baik yang mau menerima kita menjadi bagian dari mereka dan ingat! Pertemanan yang baik akan mengantarkan kita kepada kebaikan.

Nah, Ladies sudah tahu, kan tanda pertemanan yang membawa dampak buruk. Jika beberapa hal di atas pernah Ladies rasakan, segeralah bertindak. Perbaiki atau akhiri. Kita pasti sudah tahu keputusan mana yang terbaik.

Related posts

Leave a Comment