Mengendalikan Emosi dengan Cara Mudah dan Praktis

Hai, Smart Ladies!

Apa kabar Ladies hari ini?  Baik ataukah hari ini adalah hari yang berat dan menyebalkan? Hasil kerja yang tidak sesuai harapan, tim kacau, anak-anak rewel, puncaknya seorang teman berkomentar yang kurang enak didengar, jika dijawab masalah jadi panjang.Tidak dijawab hati kita kesal seharian.

Sebenarnya, boleh saja jika kita menunjukan kekesalan atau kemarahan, itu adalah hal yang wajar karena kita adalah manusia. makhluk yang selain mempunyai akal juga dianugerahi emosi, dan hati nurani sebagai penyeimbang.

Marah tak salah,  jika memang kesalahan sudah tak bisa dimaafkan, yang salah adalah jika kemarahan kita sudah tak mampu dikendalikan. Mengendalikan amarah saat emosi memuncak? Memang bisa? Tentu saja bisa, ada cara mudah mengendalikan marah yang patut Ladies coba.


1.Pindah Ruangan

Saat kita marah dan emosi tak terkendali. Cobalah untuk pindah ruangan dan meninggalkan orang yang menyulut emosi kita. Kemudian atur napas perlahan. Ruangan yang baru akan memberi kita suasana baru. Jika berpindah ruangan tidak memungkinkan cobalah untuk mengubah posisi tubuh.


2. Menghitung Mundur

Cara ini sedikit asing, tetapi cobalah dipraktikkan saat amarah memuncak. Mulailah menghitung mundur dari 10 sampai 1 secara perlahan –lahan berjeda satu helaan napas setiap hitungan, ulangi dua sampai tiga kali. Amarah pun reda perlahan, berani mencoba Ladies?


3. Minum Air Putih

Saat sedang marah minumlah segelas air putih. Mineral ajaib ini kembali menjadi solusi dalam mengatasi marah. Ketika marah, suhu tubuh meningkat dan segelas air putih membantu mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.


4. Mencuci Muka

Solusi ini lebih aneh lagi. Saat sedang marah, masa harus mencuci muka?

Ladies, cobalah perhatikan orang yang sedang marah, wajahnya pasti merah padam telinganya juga merah. Hal ini karena suhu tubuh meningkat. Mencuci muka dapat membantu kita menyengarkan wajah sehingga mood kita pun akan membaik. Tidak percaya? Silakan mencoba.

Jadi, Ladies tak perlu malu atau takut jika ingin menunjukan ketidaksukaan atau kemarahan karena itu bagian dari diri kita sebagai manusia. Hal yang tidak boleh adalah saat kita jadi pemarah atau amarah kita berlebihan. Kesetabilan emosi dapat kita capai jika kita mampu menyalurkan emosi dan mengelolanya dengan baik. See you, Smart Ladies



Related posts

Leave a Comment