Ladies Harus Tahu, Ternyata 5 Jenis Crafting Ini Mudah Dipelajari!

Halo, Smart Ladies!
Sebagai pemula dalam dunia crafting, kita perlu mengetahui berbagai jenisnya. Hal ini untuk memudahkan dalam menentukan tujuan mempelajarinya, sekadar ingin mencoba atau serius menekuni. Dari bermacam-macam metode crafting, beberapa diantaranya bisa kita pelajari sendiri mengandalkan tutorial dari internet. Mau tahu apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Membuat Dekorasi atau Aksesori

Foto: www.dearparadise.com

Crafting jenis ini banyak diminati karena prosesnya cenderung mudah. Metode yang biasa dipakai adalah menggunting, menempel, atau mengecat. Hanya berbekal 3 teknik sederhana ini, kita bisa membuat dekorasi atau aksesori yang keren. Contohnya: membuat storage, frame, bunga, wall art, dan lain-lain. Proses menghias pun tidak terlalu rumit. Tempelkan hiasannya pada benda yang diinginkan. Stoples polos, botol kosong, bantal sofa, serta benda lainnya akan terlihat lebih menarik. Mudah, bukan?

2. Menjahit (sewing)

Foto: pinterest.com

Meskipun menggunakan mesin, menjahit adalah salah satu teknik crafting yang mudah dipelajari. Contoh kreasi yang dihasilkan adalah sarung bantal, taplak meja, boneka, tas, dompet, dan lain sebagainya.  Menjahit juga bisa dilakukan secara manual dengan jarum jahit (jahit tangan). Ada berbagai macam jenis jahitan tangan yang dapat kita pelajari melalui internet. Beberapa di antaranya sering digunakan untuk membuat kerajinan atau menjahit yang sederhana. Misalnya, untuk membuat sepatu bayi, busybook, menghias bantal, bros, bunga, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak sulit untuk mempelajari teknik-teknik jahit tangan ini karena tersedia tutorial lengkap beserta gambar di internet.

3. Papper Quilling

Foto: episcopalassembly.org

Papper quilling adalah teknik menggulung kertas untuk menghasilkan berbagai bentuk yang indah. Ada beberapa peralatan yang disarankan untuk dimiliki jika ingin mendalami papper quilling ini. Namun, sebagai pemula, kita dapat mencoba menggunakan bahan dan peralatan yang ada di rumah. Brosur atau koran bekas dapat digunakan sebagai pengganti kertasnya. Untuk penggulung, sisir pun bisa dipakai.

4. Origami

Foto: interactifideas.net

Origami sudah dikenal sejak dulu sebagai seni melipat kertas dari Jepang. Selain sebagai mainan anak, origami 3 dimensi dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan. Angsa kertas yang ditumpuk banyak, bola warna warni yang digantung di plafon, dan sekelompok kupu-kupu yang menempel di dinding adalah beberapa contoh dekorasi ruangan dengan origami. Bahan yang dibutuhkan hanya kertas. Kita bisa menggunakan kertas bekas atau membeli yang harganya murah.

5. Menganyam

Foto: pinterest.com

Menganyam adalah mengatur lembaran-lembaran bahan secara tumpang-tindih dan saling menyilang. Bahan yang dianyam bisa berupa bilah bambu, rotan, daun pandan, janur kelapa, eceng gondok, daun pisang, kertas, dan lainnya. Hasil anyaman berbentuk tiga dimensi biasanya merupakan barang fungsional, seperti keranjang, tikar, tas, storage, topi, dan sebagainya. Ada juga anyaman yang berfungsi sebagai dekorasi ruangan, yang umumnya berbahan dasar kertas atau pita.

Tutorial dari kelima crafting di atas bisa kita peroleh secara gratis di internet. Belajar pun jadi lebih gampang. Kreasi yang mudah dibuat juga bisa menghasilkan jika ditekuni secara serius, loh. Berminat mencoba, Ladies?

Related posts

Leave a Comment