Petik 3 Manfaat Ini dengan Menerapkan Peraturan pada Buah Hati!

Di rumah sudah menerapkan peraturan bagi buah hati, Smart Ladies? Peraturan sangat penting bagi tumbuh kembang mereka. Anak yang sejak dini dibiasakan dengan peraturan, tidak akan kaget saat berhubungan dengan dunia luar.

Sebagai pengenalan, buatlah peraturan sederhana yang ditetapkan bersama. Seluruh anggota keluarga diberi kesempatan yang sama untuk membuatnya. Selain itu, kewajiban tiap anggota keluarga terhadap peraturan tersebut juga tidak berbeda. Peraturan di rumah ditetapkan dan dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali.

Selain kehidupan di dalam rumah berjalan lebih tertib, ada beberapa manfaat lain yang akan berpengaruh pada pendidikan karakter si kecil. Apa saja manfaat tersebut? Bersumber dari @parentingdananak, berikut ulasannya.


1. Anak Belajar Bertanggung Jawab

Peraturan yang dibuat secara bersama-sama akan menumbuhkan sikap tanggung jawab pada anak. Rasa ini penting ketika mereka telah dewasa. Anak yang terbiasa memiliki sikap tersebut akan mengerjakan segala sesuatu dengan baik.


2. Mengajarkan Sikap Disiplin

sumber pexels

Sikap disiplin tidak tercipta begitu saja, tetapi butuh proses dan pembiasaan. Anak yang secara konsisten dan continue diajarkan kedisiplinan biasanya tumbuh menjadi pribadi yang tertib.

Sikap disiplin ini juga akan memudahkan kita dalam mengatur buah hati. Bila anak sudah terbiasa disiplin dan tertib, tindakan kekerasan serta teriakan dapat diminimalisasi. Tanpa bertindak keras dan berteriak, kita pun bisa tegas.


3. Mengajarkan Konsekuensi dan Hukum Sebab-Akibat

Sebuah peraturan yang telah ditetapkan menuntut untuk dilaksanakan dan dipatuhi, ya. Anak belajar hukum sebab-akibat dari hal ini. Selain itu, mereka juga akan mengenal konsekuensi atas sebuah tindakan.

Jangan hanya menerapkan hukuman saat anak melanggar peraturan. Namun berikan juga hadiah bila buah hati sudah menjalankan peraturan dengan baik. Jadi, penerapan reward dan punishment harus seimbang, ya, Smart Ladies.

Penerapan peraturan sedini mungkin pada anak akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi tertib. Hal ini biasanya akan sangat bermanfaat bagi masa depan mereka. Memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, dan mengetahui konsekuensi atas tindakan adalah modal penting membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, bukan?

Related posts

Leave a Comment