Kenapa Handuk untuk Wajah dan Tubuh Perlu Dibedakan? Ini Alasannya!

Halo, Smart Ladies.

Hampir semua kaum hawa sudah paham betul tentang cara merawat wajah dengan baik, mulai dari mencuci wajah sampai dengan memilih sabun pembersih yang cocok dengan jenis kulit. Biasanya, untuk mengeringkan wajah, kebanyakan Ladies menggunakan handuk.

Namun, apa Ladies pernah mendengar bahwa saat membersihkan muka harus menggunakan handuk terpisah untuk wajah dan bagian tubuh lainnya? Supaya tidak salah pakai, lebih baik simak penjelasan berikut :

Penting Memiliki Dua Handuk Berbeda untuk Wajah dan Tubuh

Sumber gambar PINTERETS

Menurut seorang dokter kulit dan venereolog, dr. Jyotisterna Mittal, kita harus memiliki dua handuk yang digunakan secara terpisah antara wajah dan bagian tubuh lainnya. Kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat rentan dan sensitif terhadap kondisi tertentu.

Jika menggunakan satu handuk yang sama untuk wajah dan tubuh itu berarti kita membiarkan produk yang dikenakan pada tubuh (seperti body lotion, deodorant, dan produk rambut) berpindah ke wajah kita. Tidak hanya itu, minyak alami yang berasal dari rambut dan tubuh juga secara otomatis ditransfer ke wajah kita.

Nah, hal inilah yang nantinya akan memicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah akibat pori-pori yang tersumbat oleh substansi tersebut. Bahkan, tidak jarang kotoran dan minyak tersebut menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada wajah.

Alasan lain yaitu tidak menutup kemungkinan adanya bakteri dan jamur yang tersembunyi di bagian area tubuh, seperti kaki, ketiak, dan alat kelamin, yang juga akan berpindah ke kulit wajah dan membuat rusak.

Selain menggunakan dua handuk yang terpisah, kita juga harus memastikan handuk yang digunakan tetap bersih. Hal yang tak kalah penting adalah memastikan handuk yang digunakan disimpan pada tempat yang membuatnya tetap kering, bukan malah menjadi lembap. Pertumbuhan jamur dan bakteri akan terhambat ketika handuk yang telah dipakai mulai mengering.

Seorang profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona, Kelly A. Reynolds, Ph.D.,handuk yang digunakan setelah mandi dan digantung untuk dikeringkan hanya bisa digunakan maksimal tiga kali. Setelah itu, wajib menggantinya dengan handuk baru yang bersih. Hal ini selain untuk mencegah berkembangnya bakteri dan jamur, bisa juga mencegah penumpukan sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran lainnya yang terkumpul di handuk bekas pakai.

Nah, Ladies, sudah tahu seberapa pentingnya menggunakan dua handuk yang berbeda pada wajah dan tubuh? jangan lupa untuk rajin mengganti handuk maksimal setelah tiga kali pakai agar kulit tetap terjaga kebersihannya.

Tidak hanya itu, sebaiknya kita tidak mengeringkan wajah dengan menggosok tapi keringkan dengan lembut sambil ditepuk perlahan. Hal ini guna meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment