Sedekah Cara Baru, Mau Coba?

Hai, Smart Ladies!


Semua pasti sudah mengetahui apa arti sedekah, bukan? Sedekah yaitu memberikan sesuatu (di luar kewajibannya) kepada orang lain yang membutuhkan. Dalam ajaran agama Islam, sedekah sangat dianjurkan. Selain untuk membantu orang lain, sedekah juga merupakan salah satu cara untuk ‘membersihkan’ harta kita. Karena, pada seluruh harta yang kita miliki, ada sebagian yang menjadi hak orang lain, yaitu fakir miskin, anak-anak terlantar, dan lain sebagainya. Salah satu ayat tentang sedekah yang ada di dalam Al Quran, adalah pada surat Ali Imran Ayat 92, yang artinya: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya” (Q.S. Ali Imran: 92).

Ada bermacam-macam cara untuk bersedekah. Yang umumnya dilakukan adalah memberikan uang, makanan, ataupun berupa barang-barang, baik secara langsung maupun tidak, kepada orang yang membutuhkan. Tahukah, Ladies? Saat ini ada terobosan baru cara bersedekah makanan yang mulai populer dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Surabaya, Bandung, Jambi, Gorontalo, dan lain-lain. Sedekah makanan ini dinamakan Tempat Nasi Gratis, yaitu: menyediakan etalase makanan yang tidak pernah dikunci dan bisa dibuka kapan saja.

Foto: https://m.facebook.com/tety.peasu

Etalase-etalase ini biasanya berlokasi di tempat yang ramai didatangi oleh masyarakat, misalnya: di depan rumah sakit, masjid, di tepi jalan besar, dan lain-lain. Makanan dan minuman yang diletakkan di dalamnya boleh diambil oleh siapa saja. Dengan harapan tentu diutamakan bagi yang benar-benar membutuhkan, seperti: fakir miskin, pemulung, orang yang sedang tidak memiliki uang, dan lain sebagainya. Yang diisi di etalase pun beraneka ragam, mulai dari nasi bungkus, nasi goreng, bubur ayam, roti, kue-kue, air minum kemasan, teh kotak, dan lain sebagainya. Uniknya, siapapun boleh menyumbangkan makanan dan minuman di sini. Banyak sedikitnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan si penyumbang.

Selain tertulis Tempat Nasi Gratis, pada etalasenya juga tertulis “Siapapun boleh mengambil, siapapun boleh mengisi”. Kalimat ini sepertinya cukup banyak menarik perhatian masyarakat. Banyak orang yang datang dan mengantarkan berbagai makanan untuk etalase. Beberapa siswa SMU menyisihkan uang jajannya untuk membeli makanan dan minuman, lalu mengisinya ke dalam etalase. Berbagi itu mudah dan sederhana, kan, Ladies?

https://m.facebook.com/tety.peasu

Semoga semakin banyak yang terinspirasi dan menghadirkan etalase-etalase makanan gratis ini, agar lebih banyak lagi orang yang bisa terbantu. Yang sedang kekurangan dan butuh makanan bisa terbantu, yang ingin bersedekah makanan namun bingung harus diantar ke mana pun ikut terbantu. Bahkan, yang uangnya terbatas namun ingin tetap bersedekah pun bisa terlaksana meski hanya bisa memberi segelas air kemasan. Karena, sedekah sekecil apapun yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah akan bernilai besar. Seperti yang termuat pada Al Quran Surat Al Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (infak yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al-Baqarah : 261).

Related posts

Leave a Comment