Business Model Canvas, Sudahkah Anda Miliki?

Smart Ladies, pernahkah mendengar istilah Business Model Canvas atau BMC? BMC adalah panduan bagi pebisnis saat akan melakukan kegiatan usaha. Sayang sekali, ternyata sebagian besar pebisnis belum paham apa BMC dan tujuan pembuatan BMC.

Wikipedia menuliskan bahwa BMC adalah kerangka kerja yang membahas model bisnis dan disajikan secara visual agar dapat dipahami dengan mudah.

BMC bertujuan untuk memudahkan saat menganalisa kekurangan dan kelebihan bisnis yang kita miliki. BMC digambarkan dalam bentuk visual sehingga menjadikan proses analisa bisnis berlangsung lebih cepat.

Bagaimana cara membuat BMC? Point-point apa saja yang terdapat dalam BMC? Berikut adalah 9 pilar dalam BMC, masing-masing pilar akan diuraikan di bawah ini :

1. Customer Segment

Customer segment adalah pihak yang membutuhkan produk kita dan bersedia membayar untuk itu. Tuliskan dengan detil siapakah calon konsumen kita, berada dimanakah mereka tinggal, usia dan jenis kelamin.

2. Value Proposition

Temukan alasan mengapa orang mau membeli produk kita? Apa keunggulan yang dimiliki bisnis kita dibandingkan dengan kompetitor lain.

3. Channels

Bagaimana cara produk bisa sampai kepada pelanggan adalah bahasan point channels.  Beberapa channels yang biasa digunakan antara lain e-commerce, media sosial, toko offline.

4. Customer Relationships

Point ini membahas bagaimana bisnis kita melakukan maintain terhadap pelanggan, Bounding dengan pelanggan dapat dilakukan dengan pemberian harga khusus, diskon berdasarkan tanggal lahir dll.

5. Revenue Streams

Tentukan bagaimana cara bisnis Ladies menghasilkan uang. Tuliskan apa saja produk atau jasa yang akan dijual?

6. Key Activities

Meupakan kegiatan utama yang dilakukan untuk menciptakan value proposition. Point ini juga membahas strategi bisnis untuk mencapai target perusahaan.

7. Key Resources

Berisi sumber daya dan aset yang harus dimiliki untuk menjalankan usaha.

8. Key Partnerships

Merpakan vendor yang akan mendukung kesuksesan bisnis.

9. Cost Structures

Berisi biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.

Jika Smart Ladie bisa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam 9 pilar tersebut,maka akan dapat dilakukan analisa kelebihan dan kekurangan dalam berbisnis.Aamiin.

Related posts

Leave a Comment