Bad Mood? Coba 3 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Halo, Smart Ladies!


Tekanan dan beban aktivitas yang padat di rumah maupun di tempat kerja selalu berpengaruh pada kondisi fisik dan mental kita. Lelah, stres, mengantuk, pusing, dan lain-lain akan mempengaruhi suasana hati. Perilaku dan perkataan orang lain yang tidak bisa diterima pun bisa langsung mengubah mood menjadi jelek.

Hal ini kemudian berimbas pada memburuknya interaksi kita dengan orang lain. Malas tersenyum, nada suara tinggi, bicara ketus, sensitif, mudah terpancing emosi, dan sebagainya. Itu semua menunjukkan tanda-tanda bahwa kita sedang mengalami bad mood. Tidak mau berlarut-larut hingga berakibat fatal? Berikut adalah cara untuk mengatasinya!

1. Mengambil Time Out

Foto: pivotdesk.com

Maksud time out di sini adalah menyendiri untuk beberapa saat di tempat yang sepi, atau setidaknya agak jauh dari sumber kekesalan kita. Dengan begitu kita bisa menenangkan diri sejenak, meredakan ketegangan, mengatur kembali emosi hingga bisa berpikir jernih, dan lain sebagainya. Time out bisa dilakukan beberapa menit saja, bisa juga dalam waktu yang lama karena sulitnya kita mengatur emosi.

2. Bercerita Pada Orang

Sumber: pixabay.com

Ada banyak cara untuk mengeluarkan emosi negatif. Salah satunya adalah dengan bercerita, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui tulisan, chat, telepon, dan lain-lain). Menceritakan penyebab bad mood kepada teman dekat bisa meringankan beban sehingga kita akan merasa lebih plong. Obrolan tentang hal-hal yang ringan dan menyenangkan pun biasanya dapat meredakan ketegangan.

3. Ngemil Makanan atau Minuman Favorit

Foto: www.dailymail.co.uk

Salah satu camilan yang sudah terkenal dan sering jadi pilihan untuk dikonsumsi di saat bad mood adalah cokelat. Zat-zat yang terkandung di dalamnya membantu melepaskan endorfin yang akan memberikan rasa nyaman dan tenang pada tubuh. Tidak hanya cokelat, makanan atau minuman apapun, selama rasanya enak dan kita sukai, biasanya akan langsung dapat memperbaiki suasana hati. Tak perlu porsi besar, sedikit pun sudah cukup. Hanya saja, mungkin diperlukan porsi lebih banyak lagi jika kita terbiasa melampiaskan emosi pada makanan.

3 hal di atas bisa dilakukan sekaligus bisa juga dipilih salah satunya, disesuaikan dengan keinginan kita. Mood yang bagus tentu akan menambah semangat dan produktivitas kita pula. Jangan lupa untuk mencoba triknya ya, Ladies!

Related posts

Leave a Comment