Inilah Panduan Membuat Proposal Bisnis Anti Gagal

Apakah saat ini Smart Ladies tengah mengajukan rancangan bisnis? Berencana membuat proposal bisnis?

Membuat proposal bisnis itu gampang-gampang susah, ya, Smart Ladies. Sebagai bahan rujukan, kita sering gunakan mesin pencari. Browsing kesana-kemari, akhirnya malah bingung sendiri.

Adakalanya saat kita diminta membuat proposal, sudah ada template alias panduannya. Jika kasusnya seperti ini, tentu pembuatan proposal akan berjalan mudah.

Bagaimana jika kita tidak punya panduan baku dari pihak yang meminta proposal ajuan? Apa yang harus kita lakukan?

Kunci membuat proposal itu sebenarnya mudah dan sangat simple, kita berpedoman pada 5W+H1, apakah itu?

What?

What berisi jenis bisnis yang kita rencanakan, merupakan aktivitas utama yang kita lakukan dalam berbisnis. Sebagai contoh, kita akan membuat bisnis jasa endorser.

Why?

Why berisi latar belakang atau alasan yang membuat kita mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal. Temukan why-mu. Misalnya saja kita akan membuat bisnis endorser. Hal yang menjadi alasan adalah banyak pebisnis yang butuh bantuan promosi dengan menggunakan jasa endorser.

When?

Kapankah bisnis akan mulai dijalankan adalah hal yang harus dituliskan dalam proposal. Akan dimulai dalam waktu dekat? bulan depan? atau tahun depan? tulisakan secara spesifik

Who?

Siapa yang akan menjalankan bisnis tersebut? ada berapa orang yang terlibat? keahlian ada saja yang dibutuhkan. Bahasan ini menjelaskan SDM yang akan terlibat.

Where?

Dimana bisnis akan dijalankan? Apakah secara online atau offline? Apakah bisnis memiliki kantor atau website. Tuliskan secara rinci sehingga pembaca proposal paham.

How & How Much

Bagaimana bisnis akan dijalankan? tahapan apa saja yang akan dilakukan? berapa biaya yang harus dikeluarkan. Penjelasan pada bagian ini memberikan petunjuk langkah strategis serta biaya yang dibutuhkan.

Proposal bisnis sifatnya adalah pengajuan dan umumnya akan ada review yang sifatnya perbaikan. Jangan takut dan ragu untuk membuat proposal hanya karena khawatir akan banyak koreksi. Karena koreksi yang disampaikan reviewer bertujuan untuk kebaikan. Proposal makin sempurna, artinya Anda naik kelas.


Related posts

Leave a Comment