Cegah Kanker Serviks Dengan Membawa 4 Benda Ini Saat Bepergian

Halo Smart Ladies …

Smart Ladies sering bepergian? Saat bepergian, terkadang kita merasa ingin buang air kecil. Tempat untuk buang air kecil tersebut adalah toilet yang tersedia di mana-mana.

Menurut Yayasan Kanker Indonesia, virus HPV (Human Papiolloma Virus) 99,77% penyebab kanker serviks berasal dari toilet dan kelembaban daerah kewanitaan. Selain itu kanker serviks dapat disebabkan oleh sering berganti pasangan seksual, makanan cepat saji, melakukan aktivitas seksual pada usia dini, minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

Hal yang paling mudah dalam mencegah terjadinya kanker serviks adalah dimulai dari kebersihan diri. Jika Smart Ladies sedang bepergian, ada 4 benda yang wajib ada di dalam tas, yaitu:


1. Tisu

Tisu digunakan menyeka keringat, membersihkan tangan, mengelap vagina setelah dicuci saat buang air kecil dan besar. Yang perlu diperhatikan jangan menggunakan tisu yang berwarna dan beraroma karena pewangi dan pewarna pada tisu sangat berbahaya.


2. Handuk Kecil

Selain tisu, Smart Ladies dapat mengganti dengan handuk kecil. Namun penggunaan handuk harus diganti setiap hari. Penggunaan tissue atau handuk ini bertujuan agar vagina tidak lembab yang dapat menyuburkan tumbuhnya bakteri serta virus. Menjaga vagina tetap kering adalah salah satu cara mencegah terjadinya kanker serviks.


3. Celana Dalam

Melakukan kegiatan dari pagi hingga malam hari menyebabkan keringat di sekitar vagina. Selain itu vagina selalu menghasilkan cairan yang mengakibatkan kelembaban. Smart Ladies dapat mengganti celana dalam agar selalu tetap kering.


4. Air Dalam Botol Air Mineral

Air ini sangat penting pada saat Smart Ladies buang air besar karena tidak semua toilet menyediakan air bersih. Membersihkan vagina dengan menggunakan air seadanya dan lama tergenang di toilet amat berbahaya. Karena bisa saja air tersebut telah tercemar bakteri. Untuk mengantisipasinya, maka perlu membawa air bersih dalam botol air mineral.

Demikian cara pencegahan kanker serviks dengan sederhana, tetapi sangat penting bagi wanita. Tanamkan cara hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini, ya, Smart Ladies. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: merdeka.com

Related posts

Leave a Comment