5 Obat-obatan yang Harus Tersedia dalam Kotak Obat Keluarga untuk Mengantisipasi Keadaan Darurat

Smart Ladies, sebagai seorang ibu kita dituntut untuk selalu siap sedia dalam keadaan apa pun. Termasuk dalam keadaan darurat, yang tiba-tiba muncul karena keluhan sakit anggota keluarga.

Jika muncul keadaan darurat, agar tidak terjadi kepanikan, tidak ada salahnya kita persiapkan hal-hal yang harus tersedia sebagai persiapan untuk mengantisipasi.

Obat-obatan yang harus senantiasa ada dalam kotak obat keluarga, sebagai berikut :

1. Obat Luka

Siapa pun berisiko terluka, apalagi jika kita punya anak-anak yang aktif. Sebelum dibawa ke rumah sakit, sebisa mungkin lakukan pertolongan pertama untuk mencegah infeksi. Jenis obat yang harus tersedia, obat luka yang mengandung iodium dan antiseptik, perban atau kasa berbagai ukuran serta kapas.

2.Obat Turun Panas dan Demam

Panas dan demam pada anak-anak, biasanya tidak bisa diprediksi. Siang hari masih terlihat lincah dan ceria, bisa jadi malam hari dia akan demam tinggi. Siapkan obat-obatan yang mengandung paracetamol atau achetaminophen. Di pasaran banyak merek untuk obat turun panas dan demam. Jangan lupa baca aturan pakainya.

3.Obat Alergi

Selain waspada terhadap makanan pemicu alergi, tidak ada salahnya menyiapkan obat alergi. Misalnya CTM(chlorpheniramin maleat). Namun, mengonsumsinya jangan berlebihan karena termasuk obat keras. Jika tidak sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

4.Obat Asam Lambung / Mag

Gangguan ini disebabkan adanya radang selaput lendir pada lambung. Sediakan obat-obatan yang mengandung antacid (antasida), banyak dijual di pasaran.

5.Obat Asma

Penderita asma, memiliki saluran pernapasan yang sensitif terhadap asap dan debu, maka dianjurkan selalu membawa inhaler yang mengandung obat.

Smart Ladies, itulah berbagai macam obat yang harus senantiasa tersedia dalam kotak obat keluarga. Jangan lupa periksa persediaan sebulan sekali. Jika ada yang rusak atau kedaluwarsa, segera buang dan ganti dengan yang baru.

Related posts

Leave a Comment