5 Manfaat Daun Sirih yang Perlu Diketahui

Smart Ladies, tahu daun sirih?

Tanaman yang mudah tumbuh ini, sebetulnya bukan tanaman asli Indonesia. Namun berasal dari India dan Sri Langka. Selain khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan, daun sirih juga banyak dijadikan simbol-simbol di berbagai daerah. Contohnya, upacara adat penyambutan tamu dengan menyuguhkan sirih, upacara adat makan sirih, prosesi mempertemukan kedua pengantin di Jawa melibatkan daun sirih. Pengantin saling melempar sirih yang diikat dengan benang.
Juga ada ungkapan sekapur sirih.

Dalam daun sirih banyak manfaat untuk kesehatan, ini diantaranya:

1. Mimisan

Hidung yang tiba-tiba mengeluarkan darah, biasanya banyak terjadi pada anak-anak. Jangan panik, cara mengatasinya, ambil selembar daun sirih, bersihkan lalu gulung, kemudian masukkan kelubang hidung yang mengeluarkan darah.

2. Untuk Obat Batuk

Untuk penderita batuk, ambil dua lembar daun sirih, memarkan lalu panaskan diatas api, jangan sampai gosong, kemudian tempelkan seperti menempelkan koyo di tenggorokan.

3.Mengobati Keputihan

Keputihan membuat kita terganggu dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, rebus 5 – 6 lembar daun sirih, 2 ruas jari kunyit iris-iris kecil, rebus dengan 6 gelas air, biarkan mendidih hingga menyusut separuhnya, biarkan dingin, minum satu kali sehari.

Bisa juga air rebusan daun sirih saja, jika sudah dingin dipakai untuk membersihkan area kewanitaan.

4. Mengatasi Bau Mulut

Jika Smart Ladies punya masalah gigi berlubang, pasti juga akan punya masalah bau mulut. Cara mengatasinya, ambil 5-6 lembar daun sirih, rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih, biarkan dingin, setelah dingin air rebusan itu bisa dibuat untuk berkumur. Bau mulut bukan masalah lagi


5. Untuk Mengurangi Bau Badan

Untuk mengurangi bau badan, bisa juga dengan meminum air rebusan daun sirih yang dicampur dengan temu kunci. Ambil 5-6 lembar daun sirih, 2 ruas jari temu kunci, iris tipis-tipis, 5 gelas air, rebus sampai mendidih hingga tinggal separo. Minum setelah dingin.

Nah, itu Smart Ladies 5 manfaat daun sirih, walau di pasaran sudah banyak produk kemasan yang menggunakan sirih, tidak ada salahnya jika kita meraciknya sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment