Tips Mempersiapkan Anak Bersekolah di Pondok Pesantran

Smart Ladies, tak terasa sebentar lagi anak-anak yang duduk di tingkat akhir SD dan SMP akan mengikuti ujian nasional. Sebagian orangtua berencana memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren.

Tentunya memasukkan akan ke pondok butuh persiapan, apa sajakah itu?



Kenalkan pada Anak Pondok yang akan Dituju

Mengenalkan pada anak pondok yang akan dituju memudahkan mereka untuk beradaptasi. Ajaklah anak untuk melihat lokasi pondok, lebih baik jika disana ada teman atau kakak kelas yang sudah dikenalnya. Apalagi jika ada teman sekelas atau satu angkatan yang melanjutkan ke pondok yang sama, membuat anak lebih semangat.


Jelaskan Tujuan Memasukkan Anak ke Pondok

Sebagian anak ada yang merasa orangtua “membuang” mereka ke pondok. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak memiliki pemahaman awal yang benar. Ajaklah anak berdiskusi sebelum mereka melanjutkan sekolah ke pondok. Berikan pemahaman bahwa Ayah dan Ibu ingin memberikan mereka bekal agama lebih baik. Sampaikan pula bahwa Ayah dan Ibu tetap akan mengawasi dan berkunjung di waktu yang dibolehkan pihak pondok.


Lakukan Pengawasan Jarak Jauh

Seringkali orangtua menyerahkan pendidikan sepenuhnya pada pihak pondok. Padahal, pendidikan yang utama adalah dari orangtua masing-masing. Untuk itu, sampaikan pada anak bahwa orangtua akan tetap memantau kondisi mereka selama di pondok melalui wali santri. Hal itu akan membuat anak lebih siap, karena mereka paham bahwa orangtua tetap ada bersama mereka meski jauh.


Tetapkan Tujuan Bersama

Seringkali orangtua tidak paham bahwa materi pelajaran yang disampaikan di pondok tentu berbeda dengan sekolah pada umumnya. Untuk pondok modern atau boarding school, mereka masih mengajarkan pengetahuan umum dan kepesantrenan. Adapula pondok yang full materinya mengambil dari kurikulum pesantren. Selaku orang tua hendaknya memilih pondok sesuai dengan tujuan berikutnya, kemana kelak anak akan melanjutkan sekolah.

Jika anak akan melanjutkan ke sekolah umum, pilihlah pondok yang mengajarkan materi sekolah secara umum plus kepesantrenan. Jika kemudian anak akan disekolahkan ke luar negeri seperti Madinah dan lainnya maka tentu muatan kepesantrenan jadi yang utama.

Menyekolahkan anak ke pondok pesantren adalah tujuan mulia, selaku orangtua perlu mempersiapkan sejak awal. Tujuannya agar anak dapat mengikuti seluruh kegiatan di pondok secara benar. Aamin

Related posts

Leave a Comment