4 Teknik Seduh Kopi Ini, Hadirkan Aroma Karakternya di Rumah

Hola, Smart Ladies!

Penikmat kopi tidak hanya berlaku bagi kaum adam, Ladies pun bisa menjadi penikmat kopi. Berbagai varian kopi bisa dijadikan pilihan sebagai teman kerja atau pelepas rasa nagih. Kopi yang paling terkenal adalah robusta dan arabika. Tidak hanya jenisnya, tetapi teknik seduh kopi ini bisa bikin aromanya menguat dan keluar. 

Teknik seduh kopi yang ditawarkan di beberapa kafe tentu menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda. Sebelum menikmati seduhan kopi, pilih dulu jenis kopinya, mau robusta atau arabika. Bagi yang mempunyai riwayat mag, ambil arabika karena kadar kafeinnya lebih rendah sehingga aman untuk lambung.  Ingin menikmat kopi, tapi mager ke luar rumah, Ladies bisa mendatangkan aroma kopi dari kafe ke rumah. Mau tahu caranya? Simak, yuk, 5 teknik seduh kopi yang mengeluarkan aroma berkarakter!


1. Turkish Coffee 

Turkish Coffee
[pixabay.com]

Turkish coffee ini tidak tergantung pada jenis kopi, tetapi lebih ke teknik seduhnya. Sebagai penikmat kopi, tentu ingin menghadirkan aromanya ke rumah. Alat yang wajib Ladies punya adalah grinder, yaitu alat penggiling kopi manual karena kopi yang paling nikmat itu hasil gilingannya masih fresh. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Turkish pot, air matang secangkir (150 ml), 2 – 3 sendok tek bubuk kopi, gula sesuai selera (tanpa gula lebih mantap).

Cara membuat:

  • Basuh Turkish pot dengan air hangat, masukkan secangkir air matang, gula bila perlu, dan kopi bubuk, lalu aduk hingga merata.
  • Simpan di atas kompor gas dengan api kecil.
  • Kunci dari Turkish coffee adalah saat terbentuk foam di tingkat 70 derajat Celsius, segera angkat dan tuangkan ke dalam cangkir sebanyak sepertiga-nya (50 ml). Jaga jangan sampai mendidih. Simpan kembali di atas kompor, ulangi satu sampai dua kali lagi dan tanpa mendidih.
  • Siap menikmati Turkish coffee.

Vietnam Drip
[pixabay.com]

2. Teknik Seduh Kopi Vietnam Drip

Teknik seduh kopi Vietnam ini bisa dinikmati dengan gilingan kopi level medium, sedikit lebih kasar agar saat penyaringan ampasnya tidak ikut masuk ke dalam cangkir.

Alat dan bahan yang disiapkan adalah Vietnam drip berbahan stainless steel, cangkir,2 – 3 sendok teh kopi, 120 – 150 ml air mendidih 95 derajat Celsius, susu kental manis disiapkan dalam cangkir sesuai selera.
Cara membuatnya adalah masukkan kopi bubuk ke dalam plunger secara merata, lalu tutup perlahan sambil diputar dan biarkan di dalam filter.

Didihkan air sampai 95 derajat Celsius, masukkan 20 ml air secara perlahan. Biarkan selama dua puluh detik agar terekstrasi sempurna. Setelah itu, masukkan semua air dan tutup filter. Proses penyeduhan ini cukup lama 4 – 5 menit sampai semua air masuk ke dalam cangkir.

Cukup mudah, bukan?

French Press 
[pixabay.com]

3. Teknik Seduh Kopi French Press

French Press ini adalah alat seduh kopi yang paling mudah, tapi tetap menggunakan teknik seduh yang tepat agar keluar aroma yang kuat dan berkarakter.

Cara membuat:

  • Siapkan alat French Press dan cangkir yang bersih dan kering, agar menghasilkan aroma yang kuat.
  • Tuangkan 2 – 3 sendok teh kopi bubuk level medium yang baru digiling.
  • Didihkan 150 ml air hingga 95 derajat Celsius, tuangkan ke dalam
    French Press, biarkan 30 detik.
  • Tuangkan seluruh air kopi yang sudah terekstrasi dan nikmati aromanya.

Moka Pot
[pixabay.com]

4. Teknik Seduh dengan Moka Pot

Teknik moka pot ini menggunakan kopi giling level medium, kasar. Untuk mencapai tekanan yang dibutuhkan agar terekstrasi dengan tepat, yaitu 110 derajat Celsius.

Alat, bahan, serta cara seduh kopi moka pot sebagai berikut:

  • Masukkan 2 – 3 bubuk kopi ke dalam flunger dan ratakan.
  • Masukkan secangkir air ke dalam moka pot.
  • Tutup dan pastikan tidak ada udara yang keluar, lalu panaskan. Teknik ini menaikkan air yang di bagian bawah moka pot mengalir ke atas. Setelah itu, tuangkan dan nikmati.

Apapun jenis kopinya, terpenting adalah teknik seduh kopi yang kita pilih. Dan, ke empat teknik seduh kopi ini bisa Ladies hadirkan di rumah.

#ODOA_JA
#Day1

Related posts

Leave a Comment