Mulai “Zero Waste” dari Diri Sendiri dengan 4 Cara Ini !

Hai, Smart Ladies!
Beberapa tahun lalu, kampanye mengenai sampah yang paling banyak dilakukan adalah tentang mencegah pencemaran lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengolah menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan lagi. Seiring perkembangan zaman dan makin besarnya permasalahan mengenai sampah saat ini, muncullah gerakan Zero Waste yang ramai dilakukan di berbagai tempat di dunia.

Tagar zerowaste belakangan ini mulai marak bermunculan pada berbagai posting-an di media sosial. Zero Waste di sini bukan berarti bebas dari sampah sama sekali, tetapi berupaya untuk mengurangi produksi sampah yang dihasilkan setiap hari. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mulai mengurangi sampah rumah tangga masing-masing. Prosesnya tentu tidak akan mudah di awalnya, tetapi juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Kita bisa memulainya dari diri sendiri dengan 4 cara sederhana berikut ini. Simak, yuk!


Lunch Box dan Tumbler
[pixabat.com]


1. Membawa Botol Minum

Untuk yang memiliki aktivitas di luar rumah, membawa botol air minum sendiri dari rumah akan sangat membantu mengurangi sampah. Orang-orang akan butuh minum setelah beberapa jam sehingga jika tidak ada air yang tersedia, otomatis alternatif lainnya adalah membeli air minum kemasan, baik di dalam botol ataupun gelas plastik. Tak heran jika sampah jenis ini bisa ditemui setiap harinya di tempat sampah. Maka, cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menguranginya adalah membawa air minum sendiri dari rumah.



2. Membawa Kotak Makanan


Lunch box atau kotak makanan merupakan benda yang mudah didapatkan saat ini. Bentuk dan warnanya, disesuaikan dengan penggunanya. Anak-anak atau dewasa, laki-laki atau perempuan. Salah satu poin plus membawa bekal dari rumah adalah terjamin kebersihan dan kehalalannya. Namun, tidak semua orang sempat membuat makanan, bukan? Alternatifnya adalah membeli makanan siap saji, kemudian diisi langsung ke kotak makanan. Dengan demikian, tidak perlu lagi menggunakan wadah styrofoam, dibungkus kertas ataupun plastik. Tidak ada sampah, bukan?



3. Membawa Tote Bag atau Tas Belanja Sendiri


Kantong plastik adalah salah satu hal yang selalu akan kita peroleh dari tempat perbelanjaan. Tidak peduli besar ataupun kecil barang yang kita beli. Pemisahan bahan makanan dan barang-barang belanjaan lainnya juga semakin menambah banyak kantong plastik yang dibawa pulang. Cara sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan membawa tote bag atau tas belanja sendiri dari rumah, sehingga tidak memerlukan kantong plastik lagi. Barang-barang belanjaan yang kecil dan hanya sedikit pun bisa langsung dimasukkan saja ke dalam kantong baju atau tas yang kita bawa.



4. Menghindari Penggunaan Sedotan Plastik


Sedotan plastik sekali pakai biasanya digunakan untuk minuman botol atau yang kemasannya cup seperti kopi, jus, dan lain-lain. Untuk menghindarinya, kita bisa meminta agar minuman yang dibeli, diisi langsung ke dalam botol atau tumbler yang kita bawa. Jika minumannya sejenis es cendol, bubble tea, dan lain-lain, dapat memakai sendok kecil yang juga dibawa dari rumah. Sampah sedotan plastik berkurang, sekaligus dengan botol atau gelas kemasannya. Sebenarnya sudah ada sedotan terbuat dari bahan non plastik, yang bisa digunakan berulang kali. Namun, karena hanya tersedia di beberapa wilayah dan harganya tidak murah sehingga masih jarang digunakan.

Empat cara di atas mungkin terasa tidak praktis dan sedikit merepotkan di awalnya, ya, Ladies. Tapi percayalah, hal sederhana jika dilakukan oleh banyak orang, dampaknya akan besar. Mari bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan kita yang menyebabkan sampah. Belajar Zero Waste, siapa takut?

Related posts

Leave a Comment