Inilah Manfaat Daun Salam Koja

Daun koja atau daun kari biasa dipakai sebagai penyedap masakan di Aceh dan berbagai wilayah di Sumatra. Bentuknya sama seperti daun salam, tetapi lebih kecil, baunya lebih tajam. Asal tumbuhan  ini dari Srilanka dan India. Di kebun bagian Selatan India dan Malaysia. Nama Murraya Koenigi syn chalcas Koenigi adalah kerabat dekat dengan kemuning (M.Paniku lata). Biasa ditemui di pasar tradisional.

Daun ini dipakai mengandung rempah-rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak mengandung vitamin A, B, C, D, E, asam amino, magnesium, serta asam folat. Di Sumatera khususnya di Aceh, daun koja sering dipakai memasak gulai, ayam tangkap, kari, serta beberapa masakan di India, dikatakan oleh executive ous chef hotel JW Marriot, Jakarta, Heri Purnama. Namun, Ia berinovasi untuk membuat sambal koja dikutip cnnindonesia.com. Daun koja bagus untuk menurunkan kolesterol dan ada kandungan antioksidannya. Dalam peluncuran produk sambal koja di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.

Selain itu ada berbagai manfaat daun koja bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengatasi Diare

Vitamin C, A, B, dan E serta antioksidan, asam amino, juga flanoid dikutip dari organic fack. Juga mengandung serat, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, energi, dan mineral. Caranya sangat mudah yaitu menyeduh sembilan lembar daun salam koja yang telah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil dalam satu gelas air mendidih. Ramuan air hangat dapat meredakan diare juga di jus. Mengandung senyawa yang dapat mengontrol diare, disebut carbazole alkaloid.

2. Mengatasi Anemia

Cukup makan dua lembar daun salam koja setiap hari koja dapat mengatasi anemia. Mengandung asam folat karena anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh.

3. Menyehatkan Mata

Daun salam koja mengandung vitamin A dapat mencegah berbagai penyakit mata seperti rabun senja. Menjaga kesehatan mata.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan juga Mengatasi Sembelit

Sulitnya mengeluarkan feses atau sembelit memang menyiksa. Daun salam koja bisa kita manfaatkan. Caranya menyeduh salam koja dengan madu, juga dapat melancarkan saluran pencernaan dapat menyerap lemak. Memiliki kandungan laktasif campurkan daun salam koja dengan perasan jeruk nipis.

5. Mengobati Kanker

Beberapa penyakit kanker prostat dan kanker kalorektal dapat diobati dengan daun koja. Kandungan fenol dan komponen carbazo le alkaloid dalam daun koja dapat melawan sel kanker.

6. Mengatasi Infeksi Kulit

Masalah jerawat dan kulit gatal bisa diatasi dengan daun koja ini. Mengandung anti aflimasi dan anti bakteri ampuh mengatasi infeksi kulit akibat serangan bakteri dan jamur.

7. Mengatasi Kolesterol

Ternayata daun salam koja ini dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh. Cukup menyeduh dengan air panas setiap hari atau untuk campuran kari. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Mengatasi Diabetes

Penelitian yang terbit di Internasional Journal of pharmaceutical sciences menyebut daun koja memiliki kandungan antithepergilikemik yang mengontrol gula darah. Mereka melakukannya pada seekor tikus. Setelah mengosumsi daun koja kadar gula darah tikus tersebut lebih terkontrol.

9. Menyehatkan Rambut

Rambut rontok, berketombe, atau rambut tipis atau beruban? Daun koja bisa mengatasinya cukup dengan mengaplikasikan pada rambut. Mengonsumsinya juga bisa untuk menyehatkan rambut.

Ternyata manfaat daun salam koja selain untuk masakan banyak manfaat lainnya. Khususnya bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi daun salam setiap hari dapat menyehatkan tubuh.

Sumber:

Cnnindonesia.com,Mengenal Manfaat Daun Koja untuk Tubuh, 3 Oktober 2018, Ratnasari Dwi Elis, 3 Oktober 2018

Manfaat.co.id, 15 Manfaat Daun Salam Koja bagi Tubuh, 5 Oktober 2018.

follow me

Amerinny Tri Rezeki

blogger, penulis at estrilook.com, nulis.co.id
Pernah mengajar Taman kanak-kanak, menulis di blog dan media online untuk berbagi pengalaman dan ilmu melalui tulisan.
Amerinny Tri Rezeki
follow me

Latest posts by Amerinny Tri Rezeki (see all)

Related posts

Leave a Comment