Rahasia Produktif Menulis Artikel

Menulis artikel masih dianggap sulit oleh sebagian orang. Padahal jika kita tahu rahasianya, menulis artikel bisa dilakukan dengan mudah.

Terdapat lima rahasia yang wajib Smart Ladies ketahui, apa saja itu?

Bank Ide

Seringkali kita merasa buntu saat akan menulis sebuah artikel. “Enggak punya edi”, “Mas Ilham sedang tidak ada” adalah guyonan para penulis artikel jika tengah stuck. Sebenarnya ide ada dimana-mana, apakah kita peka untuk mencatatnya?

Berita nasional, lagu, film, curhat teman, pengalaman pribadi adalah hal yang bisa kita jadikan ide artikel, lho. Catatlah ide sebelum terbang melayang. Memiliki bank ide membuat proses pembuatan artikel menjadi lebih mudah.

Rajin Membaca

Setelah memiliki ide, Smart Ladies harus mengimbanginya dengan rajin membaca. Bagaimana mungkin kita bisa menulis kalau materi yang akan kita tulis tidak ada?
Mulailah rajin membaca artikel sejenis dengan ide yang akan kita tulis. Minimal tiga buah artikel sebagai bahan masukkan, lanjut tulislah artikel dengan gayamu.

Mulailah Menulis

Memiliki ide dan bahan tulisan membuatmu mudah untuk menuliskannya. Ketiklah tulisan tanpa jeda, pasang alarm dan buat target dalam berapa menit Ladies akan menulis.
Jangan lakukan editing pada tulisan, sebelum waktu habis. Membiasakan diri mengedit tulisan sebelum waktu habis hanya akan membuat proses menulis menjadi lama.

Lakukan Self Editing

Biasakanlah untuk mengetik dalam kurun waktu tertentu membuat Ladies makin produktif. Adrenalin tertantang, otak berfikir kencang. Dalam hitungan waktu tertentu, selesailah artikel yang dibuat.
Smart Ladies bisa menetapkan waktu menulis mulai dari 1 jam per artikel 300 kata, hingga cukup 30 menit saja. Bahkan lebih cepat keren, kan?

Indari Mastuti, CEO Indscript Creative menyatakan bahwa jika ingin terampil menulis kuncinya adalah 3 M : Menulis, Menulis dan menulis. Jangan pernah merasa malu dengan karya yang dibuat. Kemampuan menulis itu adalah keterampilan yang bisa dilatih. Semakin hari tulisan Smart Ladies akan makin cantik dan enak dibaca. Percayalah jika dilakukan secara konsisten, kemampuan menulismu akan meningkat

Related posts

Leave a Comment