5 Tips Membuat Franchise Sendiri dari Usaha Frozen Food

Smart Ladies, frozen food yang sedang booming saat ini bisa jadi usaha franchise yang sangat menguntungkan. Berbagai varian frozen food ternyata bisa untuk di jual sebagai olahan matang, dan ini luar biasa unik. Penyajian yang mudah dan harga yang relatif murah menjadikan frozen food usaha yang mudah di kembangkan. Dengan 5 tips ini Smart Ladies bisa memulai usaha menjadi franchisor.


1. Tentukan Konsep dan Model Bisnis

Hal pertama adalah membuat konsep usaha yang seragam sehingga setiap mitra akan memiliki kesamaan. Baik dalam bentuk booth, desain booth, bahan dasar, cara memasak, cara penyajian bahkan segala peralatan. Menyamakan konsep memang tidak mudah. Hal yang dilakukan adalah meriset dahulu, baru kemudian dituangkan dalam bentuk ide, lakukan pengkajian setelahnya.


2. Lakukan Kajian Kelayakan Usaha

Melewati fase ujian kelayakan ini juga sebuah hal penting. Seorang franchisor harus paham bagaimana bisa balik modal dengan cepat, inovasi produk, dan yang terpenting adalah bagaimana usaha ini tetap bisa bertahan. Pastikan uji kelayakan usaha Ladies sudah berstandar MUI dan BPOM.


3. Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

Salah satu keberhasilan dari usaha franchise ini adalah adanya sistem. Sebuah sistem bisa dijadikan acuan bagi para mitra untuk memudahkan mereka dalam menjalankan usahanya tersebut. Sebagai seorang franchisor, Ladies perlu menyusun bagaimana keinginan para mitra tersebut. Yang pasti masalah untung dan rugi, bayar karyawan, sewa tempat, sampai masalah service.


4. Waktunya untuk Pemasaran dan Launching

Setelah langkah diatas ditempuh, waktunya Ladies untuk memulai promosi dan meluncurkan usaha franchise. Ladies bisa melakukannya secara gratis di media sosial atau mengeluarkan sedikit uang untuk membuat brosur dan spanduk. Lakukanlah promo semenarik mungkin. Tetaplah jaga kualitas dari rasa dan penyajiannya.


5. Monitoring dan Pembinaan Mitra

Jika ingin usaha franchisenya berkembang, maka yang perlu Ladies lakukan adalah monitoring dan selalu melakukan up date dalam SOP dan pembinaan mitra. Sehingga hasil yang mereka dapatkan sesuai dengan standart yang sudah di rencanakan.

Nah Smart Ladies itulah 5 tips membuat sendiri franchise frozen food. Semoga bermanfaat.

[Rinagusri]

Related posts

Leave a Comment