Smart Ladies Harus Tahu, Inilah Manfaat Penting Belajar Mengantre Bagi Anak

Tahukah Smart Ladies manfaat penting mengantre bagi anak? Jika selama ini mengantre dianggap hal yang remeh dan membosankan, maka Ladies perlu mengubah pemikiran tersebut. Mengantre adalah hal penting yang harus dibiasakan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan anak kelak.

Oleh karena itu, Ladies harus mulai mengajarkan anak kebiasaan mengantre sejak dini. Melalui kebiasaan mengantre, anak akan belajar banyak hal. Manfaat yang akan dibawa saat dewasa kelak, bahkan mungkin lebih penting daripada belajar algoritme di kelas.

Apa saja manfaat mengantre? Simak yuk, ulasannya!


Membentuk Kepribadian yang Baik
[pixabay.com]


Belajar Membentuk Kepribadian yang Baik

Dengan mengantre, anak akan menunggu giliran. Dia akan belajar kesabaran. Ia juga belajar mengendalikan emosi dengan tidak menyerobot antrean. Anak terbiasa menerima keadaan tanpa harus marah atau curang. Hal ini mengajarkan anak mempunyai karakter baik. Selain sabar, anak akan menjadi pribadi yang jujur.

Manajemen Waktu
[pixabay.com]


Belajar Manajemen Waktu

Kebiasaan mengantre membuat anak tahu bahwa dia bisa mengatur waktu dengan efektif. Jika dia berusaha lebih cepat dan berangkat lebih awal dari orang lain, maka dia akan berada pada antrean paling depan. Jika dia terlambat, maka dia akan menerima konsekuensi berada di urutan terakhir.

Kepedulian Anak
[pixabay.com]


Mengembangkan Kepedulian Anak

Anak cenderung tidak mau diam. Saat mengantre, ada saja hal yang dilakukan. Salah satunya, mengobrol dengan teman di depan atau di belakangnya. Anak-anak akan mencoba bertanya tentang nama, alamat rumah, bahkan hobi. Mereka saling bertukar informasi.

Dengan berkomunikasi, dia akan lebih tahu tentang teman-temannya. Lebih mengenal orang di sekeliling. Biasanya, empati akan mudah terbentuk saat satu sama lain saling mengenal. Kepedulian pun mulai terbangun.


Melatih Kepekaan
[pixabay.com]


Melatih Kepekaan

Saat mengantre, anak akan mempunyai waktu untuk peka pada kejadian di sekitar. Kepekaan akan terasah ketika memberikan giliran pada nenek tua renta yang mengantri di belakang. Inderanya akan berbunyi saat melihat orang menyerobot antrean seenaknya. Mengantre akan mengasah kepekaan sekaligus mengajarkan mengambil sikap.


Gunakan Waktu Saat Mengantre
[pixabay]


Melakukan Hal Bermanfaat Saat Mengantre

Di negara maju seperti Jepang, banyak orang memanfaatkan waktu mengantre dengan membaca buku. Di Indonesia, hal ini jarang dilakukan. Ajarkan hal ini pada anak. Waktu untuk mengantre layaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan positif. Mengajarkan mengantre pada anak secara konsisten bukanlah perkara mudah, namun tidak dapat dikatakan hal yang sulit bukan?

Orang tua harus disiplin dan mau bersabar. Pembentukan karakter baik pada anak perlu dilakukan sejak dini. Salah satunya adalah dengan membiasakan mengantre. Kalau bukan kita, orang tuanya, siapa lagi?

[Penulis: Ratna Ennena]

Related posts

Leave a Comment