6 Tips Memilih Usaha bagi Pemula

Bagi sebagian orang memiliki usaha adalah suatu impian. Namun terkadang kesulitan untuk memulainya, karena bingung mau usaha apa. Lalu bagaimana, sih, menemukan usaha yang cocok untuk pemula supaya usahanya benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.
menemukan usaha yang cocok untuk pemula supaya usahanya benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Berikut ini 6 tips jitu yang bisa Smart Ladies praktikkan:

1. Memilih Usaha yang Sesuai dengan Keahlian dan Hobi

Coba tanyakan pada diri sendiri apa hobi dan keahlian Ladies. Apakah suka memasak, minat dengan fesyen, suka dengan menulis, suka dengan hewan peliharaan, atau tertarik di dunia properti. Nah, dari sinilah Ladies tahu mau usaha apa. Hobi belum tentu ahli, Jadi kalau hanya sekedar hobi, tidak langsung membuat Ladies menjadi seorang ahli. Maka, pastikan dulu keahlian apa karena itulah yang akan menentukan usaha apa yang akan digeluti.

2. Buatlah Daftar Bidang Usaha

Jika sudah menemukan apa keahlian Ladies, jangan buru-buru membuka usaha tersebut ada baiknya membuat beberapa list bidang usaha yang akan nanti dipilih. Catat dan risetlah terlebih dahulu beberapa bidang usaha yang sesuai dengan minat atau hobi, serta keahlian. Carilah usaha yang bisa bertahan lama dan mudah mengembangkannya. Carilah usaha yang belum banyak didirikan orang lain, jika usaha yang dipilih adalah usaha yang banyak diminati banyak orang, maka lakukanlah inovasi untuk bisa membedakannya dengan usaha pesaing.

3. Pelajarilah Bidang Usaha yang Sudah Dipilih

Ketika sudah menentukan usaha yang akan dimulai, sekarang waktunya Ladies mempelajari usaha yang akan dijalani. Misalnya produk apa yang akan dipilih dengan target market seperti apa dan bagaimana cara menjualnya.

4. Sesuaikan Modal

Untuk urusan modal Ladies harus betul-betul memerhatikan. Jangan memaksakan membuka usaha yang besar, tetapi kemampuan modal tidak mencukupi. Sebagai contoh, jika ingin membuka usaha frozen food dengan menggunakan frezer yang ada di rumah. Ladies cukup memulainya dengan modal Rp250.000,00 atau Rp500.000,00 usaha frozen food di rumah sudah bisa dilakukan.

5. Memilih Lokasi, Minat, serta Kebutuhan Konsumen

Untuk usaha konvensional memang sangat dibutuhkan lokasi yang strategis, tapi apabila ingin menjualnya secara online, Ladies cukup membuka situs sosial media yang gratis dan langsung bisa jualan. Lalu pelajarilah siapa target market produknya. Jangan sampai salah, pastikan produknya sesuai dengan target market. Setelah itu, carilah di mana mereka berkumpul.

6. Mulailah Beraksi

Setelah poin-poin di atas didapat, pasti Ladies sudah dapat menentukan jenis usaha yang akan dimulai. Pastikan terlebih dahulu meminta rida kepada orang di sekeliling Ladies, jika masih bimbang, cobalah shalat istikharah sebelum memulai usaha, agar apa yang dijalankan menjadi ringan dan mudah. Rajinlah menambah ilmu agar usaha bisa maju. Itulah beberapa tips memulai usaha bagi pemula. Semoga Smart Ladies menemukan usaha yang tepat dan sukses selalu.


[Rinagusri]

Related posts

Leave a Comment