5 Strategi agar Tabungan Bertambah Setiap Bulan

Hai, Smart Ladies!

Akhir bulan, selalu ditunggu-tunggu. Bagi yang bekerja akan menerima gaji, dan bagi emak-emak akan menerima uang bulanan dari suami. Uang gaji yang diterima akan dibagi-bagi sesuai kebutuhan setiap bulannya. Dan salah satunya disisihkan untuk ditabung.

Uang gaji yang tidak dikelola dengan baik akan habis entah ke mana perginya dan tabungan tidak bertambah. Kalau demikian kejadiannya, kita harus memiliki strategi dalam penggunaan uang, sehingga tabungan bertambah. Mau tahu caranya, ayo simak di bawah ini:


1. Mempunyai Anggaran Bulanan dan Harian


Buat anggaran bulanan setiap bulannya. Dimulai dari kebutuhan dapur, anak sekolah, perawatan rumah, gaji pembantu, dan lain-lain. Dengan membuat catatan maka akan terlihat pengeluaran. Selain membuat anggaran bulanan, buat juga anggaran pengeluaran harian. Membuat anggaran harian adalah cara yang baik untuk mengontrol seberapa banyak kita belanja.

Dengan demikian kita tidak akan belanja barang-barang yang tidak diperlukan, karena itu akan membuat pengeluaran uang melebihi batas anggaran. Kuncinya adalah jangan melanggar anggaran pengeluaran yang telah dibuat. Sehingga ada kelebihan uang yang dapat ditabung.


2. Catat Semua Pengeluaran dan untuk Apa Saja

Dengan mencatat dan memonitor semua kegiatan keuangan, kita akan mengetahui pemborosan yang telah dilakukan. Dengan demikian kita akan lebih bijak dalam menggunakan uang.


3. Tentukan Pecahan Berapa yang Digunakan Untuk Ditabung


Smart Ladies dapat menentukan sendiri pecahan berapa yang harus ditabung setiap hari. Misal uang pecahan 20.000 atau 5.000, langsung sisihkan untuk ditabung. Lakukan setiap hari dan jangan melanggar. Dengan rutin menyisikan uang tersebut, tidak terasa tabungan akan cepat bertambah tanpa terasa terbebani.


4. Setiap Keluar Usahakan Bawa Uang Seperlunya Saja


Suatu saat kita ingin jalan-jalan ke mal atau supermarket. Siapkan uang di dompet seperlunya saja. Semua ini untuk menjaga agar kita tidak belanja berlebihan. Semakin banyak membawa uang maka akan semakin besar godaan.


5. Menabung Ditanggal Gajian, Jangan tunggu Sampai Ada Sisa Akhir Bulan


Jujur saja dengan tidak ada pengelolaan keuangan, apakah ada uang yang tersisa setiap bulannya? Maka untuk dapat mempunyai tabungan, lakukan menabung di awal gajian. Nominal yang ditabung harus disesuaikan juga dengan kebutuhan bulanan. Jangan sampai karena terlalu banyak yang ditabung kebutuhan bulanan kita tidak tercukupi, sehingga mengakibatkan hal yang tidak diinginkan, misalnya, jatuh sakit.

Smart Ladies, mengelola keuangan sangat penting. Menabunglah walaupun hanya sedikit dari gaji yang diterima dan usaha mematuhi aturan keuangan yang sudah kita susun. Selamat menabung dan semoga bermanfaat.

Penulis: Andi Nitha Nafiah

Related posts

Leave a Comment