Pentingnya Mengajari Anak Tentang Kejujuran

Hai, Smart Ladies.

Kehidupan anak sangatlah beragam, apalagi anak tersebut sudah mulai memasuki usia remaja. Pada usia ini, anak akan dapat melakukan berbagai hal dengan sangat luar biasa, baik yang bersifat positif maupun negatif. Oleh karena itulah, anak membutuhkan bimbingan dan perhatian yang khusus terutama dari orang tuanya agar yang berkembang bukan hal yang negatifnya. Hal positif yang harus benar-benar dikembangkan salah satunya adalah sifat kejujuran. Kejujuran merupakan suatu perilaku yang benar, apa adanya, atau nyata, baik secara lisan maupun perbuatan. Oleh sebab itulah peran orang tua sangat penting dalam mengawal mengembangkan sifaf jujur tersebut dalam perkembangan anaknya.

Berikut cara-cara menanamkan sifat kejujuran pada anak

  1. Sebagai orang tua, berilah selalu teladan yang mencerminkan sifat kejujuran baik dari ucapan atau pun perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Buatlah perjanjian dengan anak, jika melakukan kebohongan, maka anak akan mendapat sanksi dari orang tua. Dengan demikian anak akan selalu berusaha untuk jujur.
  3. Jika anak selalu berkata jujur maka berilah anak respon penguatan, misalnya dengan acungan jempol, perkataan anak hebat ya, atau pun berilah hadiah. Biasanya ini diberikan pada anak yang berusia balita sampai usia sekolah dasar.
  4. Tanamkan pula pada anak bahwa kejujuran itu akan mendapatkan pahala sedangkan kebohongan akan mendapatkan dosa. Selain itu, jika anak tidak jujur atau berbohong akan berakibat tidak baik. Misalnya, anak akan dijauhi teman, tidak dipercaya orang lain, bahkan dikucilkan.
  5. Perhatikan teman bergaul anak. Nasehati anak untuk bergaul dengan teman yang memiliki karakter baik. Pengaruh lingkungan luar itu sangat kuat, apalagi menyangkut hal-hal yang negatif.
  6. Ajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Pada usia dini, memori anak masih mudah untuk dibentuk.

Perwujudan kejujuran yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik secara lisan dan perbuatan, di mana berada, dan kapan pun waktunya akan membawa ketenangan hati dan pikiran dalam hidup.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Semangat kejujuran Smart Ladies!

Penulis: Linda Dewi Triwahyuni

Related posts

Leave a Comment