Mengangkat Kaki 20 menit Setiap Hari, Solusi Sehat bagi yang Sibuk

Hai, Smart Ladies!

Semua orang ingin dapat berolahraga rutin, namun banyak kendala yang timbul, misalnya kemalasan, ketiadaan waktu, tidak ada teman, kesibukan kuliah dan kerja. Oleh karena itu, banyak orang menyukai tips gerakan-gerakan simpel yang hanya makan waktu sedikit. Salah satunya adalah gerakan mengangkat kedua kaki ke dinding. Dengan hanya melakukannya dua puluh menit perhari, gerakan sederhana ini bermanfaat untuk menghalau lelah dan menjaga vitalitas tubuh. Lagipula kita tidak meninggalkan rumah dan tidak butuh biaya. Mau dong!

Lakukan kegiatan ini dengan nyaman di tempat tidur atau alas matras. Berbaringlah dan kenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Angkat kedua kaki, lalu sandarkan ke tembok, kaki dan tubuh membentuk 90 derajat. Kedua tangan rileks di samping badan. Gunakan bantal untuk mengganjal punggung bawah. Tahan posisi selama 15-20 menit.

Enam manfaat menakjubkan dari latihan mengangkat kaki ini adalah sebagai berikut:

1.Mengurangi Risiko Varises

Terjadinya pembengkakan pada kaki biasanya disebabkan sirkulasi darah ke kaki tidak baik. Sebab-sebab lain yaitu, kelebihan berat badan, masalah ginjal, jantung, makan tidak sehat, dan efek samping obat-obatan tertentu. Mengangkat kaki sangat membantu menormalkan sirkulasi cairan dalam tubuh dan membentuk kaki yang harmonis, bebas varises.

2. Meningkatkan Kerja Sistem Pencernaan

Cara ini jika secara teratur dilakukan ternyata bisa menjaga pencernaan kita. Meningkatnya suplai darah ke organ internal bisa membantu pekerjaan sistem pencernaan. Otot-otot kecil yang bertugas untuk gerakan peristaltik bisa bekerja lebih maksimal, sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan lebih lancar. Dalam posisi kaki terangkat, tubuh akan melepaskan retensi cairan dan memperbaiki pencernaan disamping mengembalikan keseimbangan bagian dalam dan mengobati sembelit.

3.Merelaksasi Sistem Saraf

Selain dapat memulihkan pernapasan, latihan ini juga memberi efek pada sistem saraf dan menurunkan ketegangan di area pelipis, tenggorokan dan perut dan membuat kita terhindar dari stres. Sirkulasi darah yang membaik menyebabkan oksigen bisa disalurkan lebih baik dan membuat kita lebih tenang.

4. Memberikan Ketenangan Batin

Jika dilakukan tiap hari, latihan ini dapat membantu memperoleh keheningan psikis dan fisik. Manfaat lainnya yang bisa didapat adalah tubuh terasa lebih bugar, batin tenang, dan rasa damai.

5.Aman Memakai Sepatu Hak Tinggi

Memakai sepatu hak tinggi memang bisa membuat penampilan perempuan lebih kece. Namun jika terlalu lama mengenakan jenis sepatu yang satu ini bisa membuat kaki Ladies cepat lelah dan tegang. Untuk mengurangi rasa pegal dan sakit pada kaki, cobalah cara ini. Pastinya aliran darah akan lebih lancar dan tubuh menjadi lebih rileks.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Zaman sekarang banyak orang mengalami gangguan tidur. Sebenarnya gerakan mengangkat kaki ini bisa dijadikan meditasi dan bisa membuat kita tenang. Oksigen pun akan dialirkan lebih baik, sehingga bisa membantu kita lebih tenang dan mudah tidur.

Bila secara rutin kegiatan mengangkat kaki menjadi kebiasaan, Ladies akan dapat merasakan kondisi kesehatan menjadi lebih baik. Apalagi bila diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin, maka manfaatnya akan terasa. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai dari gerakan sederhana yang bisa langsung dilakukan dengan segera. Jangan lupa share hasilnya, ya!

[Tinneke Indrawati]

Related posts

Leave a Comment