Trik Ampuh Menyetrika Pakaian agar Cepat Selesai dan Licin

Smart Ladies, menyetrika pakaian adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang rutin dilakukan, tetapi kurang disukai. Penyebabnya, menyetrika pakaian itu membutuhkan waktu lama, panas, bikin pegel, dan membosankan.

Itu semua membuat kita malas dan menunda-nunda pekerjaan yang satu ini, ya. Padahal semakin ditunda, pakaian yang harus disetrika semakin banyak dan menggunung.

Sering menghadapi situasi seperti ini, Smart Ladies? Rasa malas tak kunjung hilang, setrikaan semakin menumpuk, dan pakaian di lemari telah menipis.

Untuk mengatasinya, berikut beberapa trik ampuh supaya menyetrika tidak terlalu membosankan, bahkan setrika bisa lebih ringan dan pakaian lebih cepat licin. Simak, yuk.

1. Setelah dicuci dan saat akan dijemur, kibaskan dulu pakaian-pakaian tadi. Cara ini akan membuat pakaian tidak terlipat dan meminimalisir tekukan-tekukan.

2. Lebih bagus pada saat menjemur, gunakan gantungan baju. Namun, bila menjemur di tali, rentangkan pakaian secara maksimal. Selain memudahkan pengeringan, pakaian juga tidak akan terlalu kusut.

3. Bila memungkinkan, langsung setrika pakaian yang sudah kering setelah diangkat dari jemuran. Namun, bila tak memiliki banyak waktu dan ada kegiatan lainnya, lipat dulu jemuran dengan rapi.

Dengan dilipat rapi, pakaian tidak terlalu kusut dan memudahkan saat disetrika. Bila tidak sempat melipat, pakaian jangan digulung secara tak beraturan, ya. Ini akan membuat banyak lipatan dan tekukan pada kain.

Lipatan dan tekukan ini malah membuat baju semakin susah dihaluskan dan semakin membutuhkan usaha ekstra saat menyetrika. Rentangkan pakaian dan letakkan dengan rapi di atas meja atau di dalam keranjang setrikaan.

4. Saat menyetrika, kelompokkan pakaian yang sejenis, misal kaos dengan kaos. Letakkan dan rentangkan diatas meja setrikaan, lalu tumpuk sesuai jenisnya. Jadi, saat kita menyetrika, pakaian di bawahnya ikut terkena panas. Ini membuat waktu menyetrika lebih singkat.

Bagaimana, Smart Ladies? Trik-trik tadi layak dicoba, ya. Pada intinya, setelah pakaian kering, jangan diletakkan secara tak beraturan. Lipatan dan tekukan hasil dilipat asal-asalan inilah yang membuat pakaian menjadi semakin kusut.

Memang membutuhkan waktu agak lama, ya, untuk melipat pakaian setelah kering. Namun, ini akan menguntungkan saat proses penyetrikaan. Selamat mencoba, Smart Ladies.


Post Terkait

Comments