Tiga Hal Unik di Jepang Ini Bisa Ditiru

Hai, Smart Ladies.

Sesuatu yang baik tentu baik pula untuk ditiru. Meniru yang baik dan menjadikannya sebagai budaya bagi kita dan keluarga, tentu baik, bukan? Seperti tiga hal unik yang berasal dari negara Jepang ini, yang jika ditiru bisa memberikan motivasi yang lebih baik bagi Ladies. Apa saja hal unik itu? Yuk, kita simak sekarang!

1. Postur Tubuh yang Kurus

Orang Jepang, baik laki-laki maupun perempuan, terkenal dengan postur tubuhnya yang kurus dan langsing. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini terjadi karena pola makan orang Jepang yang bagus dan tertanam sejak kecil. Mereka makan nasi tidak lebih dari semangkuk kecil. Protein hewani yang mereka konsumsi berasal dari ikan atau daging yang dimasak setengah matang, tetapi tidak mengurangi kelezatan dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain dimasak dengan cara dikukus atau direbus, mereka juga mengurangi makanan yang mengandung minyak goreng. Mereka juga memperbanyak konsumsi buah sebagai camilan dan air putih.

2. Bekerja dengan Cepat

Hal berikutnya yang menarik untuk ditiru adalah cara mereka bekerja cepat dan tidak menunggu sampai bertumpuk. Dari cara menghitung, menumbuk, hingga memotong apapun, mereka selalu melakukannya dengan cepat dan menggunakan waktu sebagai standar waktu. Mereka berlatih secara terus-menerus hingga menjadi ahli dan terbiasa. Dengan demikian, waktu mereka sudah terukur. Bahkan, naik kereta pun mereka menggunakan waktu yang terukur. Jika sampai terlambat saja sekian detik, maka mereka harus naik kereta berikutnya. Bisa ditiru kan, Ladies?

3. Sikap Saling Menghormati

Di Jepang, sejak kecil hingga masa sekolah, ditanamkan bahwa menghormati yang lebih tua dan berterima kasih sekecil apapun harus terus dilakukan. Contohnya, jika pejalan kaki menyeberang jalan melalui zebra cross, setelah tiba di seberang mereka akan membungkukkan badannya sebagai tanda berterima kasih. Mereka juga diajarkan untuk menghormati binatang. Seseorang yang melihat binatang di depannya akan membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan. Lucunya, binatang pun melakukan hal yang sama mengikuti sikap orang Jepang tersebut. Artinya? Binatang saja juga bisa menghargai, apalagi manusia. Benar bukan?

Smart Ladies, yuk kita tanamkan hal-hal kecil di keluarga kita. Dengan demikian, generasi yang akan kita hasilkan lebih produktif dan memiliki karakter mental yang bagus hingga mereka dewasa. Setuju?


Post Terkait

Comments