Sebuah Kisah Inspiratif Perjalanan Haji

Judul: Mosaic of Haramain

Penulis: Etyastari Soeharto

Penerbit: Booklets, 2018

Jumlah halaman: 320 hal

Ukuran buku: 14x21 cm

Ibadah haji adalah rukun Islam ke-5. Siapa yang tak ingin memenuhi panggilan Allah yang satu ini? Tentu kita semua ingin bisa ke Mekkah menggenapkan rukun Islam kita. Buku Mosaic of Haramain ini adalah kisah nyata perjalanan haji seorang perempuan, di usia yang masih terbilang muda sudah bisa berangkat ke tanah suci.

Etyastari Soeharto, penulis buku ini mengisahkan perjalanan hajinya dalam mosaic 26 alfabet, dari A (Allah is The One and Only) hingga Z (Zamzam dalam Sebotol Kenangan). Yang menarik dari buku ini adalah isinya bukan sekadar hal-hal teknis atau tips trik perjalanan haji, namun kisah "perjalanan hati" yang dialami penulisnya. Diawali saat penulis memutuskan untuk menjawab panggilan Allah dengan nekad mendaftar haji. Penulis menghabiskan hampir semua tabungan pesangonnya. Hingga kisah seru penulis tersesat saat mencari lokasi manasik.

Kisahnya mengalir dengan sangat lancar. Haru biru perjuangan masuk ke Raudhah, Masjid Nabawi dikisahkan dalam bab I, In the Arms of Love. Ada anggota rombongan yang sudah sepuh dan bergelang merah, artinya beliau mempunyai penyakit berat. Nah, kesabaran dan keikhlasan penulis dan anggota rombongan lain diuji saat itu. Mereka harus memutuskan apakah akan tetap mengunjungi Raudhah meskipun ada salah satu anggota rombongan yang kondisinya tidak memungkinkan. Namun ternyata Allah mudahkan bagi mereka. Di situlah terselip pelajaran berharga bahwa "Haji adalah Berbagi." Berbagi ilmu, berbagi kebisaan, berbagi perhatian, juga kesempatan. Dengan spirit itulah, penulis dan rombongan akhirnya bisa berbagi Raudhah.

Selalu ada pesan moral yang terselip di setiap bab. Pesan tentang kesabaran, jangan iri, jangan riya, dan juga tentang perjuangan. Buku ini bisa menjadi referensi yang sangat bagus bagi yang sedang menunggu pemberangkatan haji atau juga bagi yang masih ragu untuk menjawab panggilan-Nya. Setelah membaca buku ini, insya Allah niat Smart Ladies untuk berkunjung ke tanah suci akan semakin mantap.


Post Terkait

Comments