Sarapan Pagi bagi Anak, Pentingkah

Hai, Smart Ladies.

Sarapan adalah aktivitas makan besar yang dilakukan sebelum memulai kegiatan. Sebaiknya, sarapan dilakukan antara pukul 6 hingga 10 pagi. Makanan terbaik yang disajikan sebagai sarapan adalah makanan bersifat ringan. Makanan yang mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja saluran pencernaan. Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan berserat tinggi, rendah lemak, namun kaya protein.

Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sarapan sangat penting. Hal ini dikarenakan sarapan mampu memberi nutrisi lebih pada otak. Jika nutrisi otak terpenuhi, maka anak akan lebih berprestasi di sekolah. Sarapan juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak. Bahkan, sarapan mampu menjaga berat badan.

Anak yang dibiasakan sarapan sebelum memulai aktivitas akan memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Seperti informasi dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, rajin sarapan juga mendidik anak lebih disiplin. Anak akan terbiasa bangun lebih pagi untuk sarapan. Selain itu, rutin sarapan menghindarkan anak dari rasa pusing, mudah lelah, dan mengantuk saat belajar.

Waktu yang terbatas di pagi hari, terkadang membuat kita tidak sempat memasak sarapan, ya, Smart Ladies. Untuk menyiasati hal ini, buatlah menu sarapan yang mudah dan cepat, namun yang mengandung gizi seimbang, ya. Menu sarapan baik adalah yang bisa mencukupi 25% kebutuhan gizi bagi tubuh. Sarapan bagi anak-anak, harus mengandung 300 gram karbohidrat. Glukosa olahan dari bahan karbohidrat inilah sumber energi utama bagi mereka.

Berikut contoh menu sarapan yang mudah, cepat, namun tetap memenuhi gizi untuk anak-anak.

1. Sereal dan Potongan

Buah Sereal mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk beraktivitas. Kandungan vitamin, mineral, dan serat bisa didapatkan dari potongan buah. Lengkapi dengan susu untuk menambah protein.

2. Omelet dan Kentang Kukus

Campurkan wortel atau brokoli ke dalam adonan telur, potong kecil-kecil agar mudah dikunyah. Telur adalah sumber protein yang tinggi. Wortel atau brokoli mengandung vitamin yang bagus buat anak. Sedangkan karbohidrat bisa dipenuhi oleh kentang.

3. Roti Bakar dan Selai Buah

Roti mengandung karbohidrat. Olesi selai buah favorit anak, kemudian bakar. Selain enak, kebutuhan gizi anak terpenuhi.

4. Smooties Pisang

Campur pisang dan yogurt, blender dan sajikan. Sarapan jenis ini meskipun mudah, simpel, namun tetap mengenyangkan. Yang tidak kalah penting, sangat bergizi.

Ternyata menyiapkan sarapan tak perlu ribet, ya, Smart Ladies. Dengan bahan sederhana, sarapan sehat bisa tersaji untuk anak-anak. Walau sarapan sangat penting, namun jangan sampai berlebihan, karena anak malah akan mengantuk bila kekenyangan. Yuk, biasakan sarapan rutin setiap pagi.


Post Terkait

Comments