Nasi Kuning Istimewa, Siap dalam 5 Menit Saja

Smart Ladies, Nasi kuning adalah menu istimewa yang biasanya disajikan pada acara khusus atau perayaan tertentu seperti upacara adat, ulang tahun, perkawinan atau pembukaan acara besar. Nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya mengandung banyak filosofi, salah satunya adalah makna kemakmuran. Makna ini diambil dari warna kuning nasi yang bisa diartikan sebagai warna emas dan emas adalah lambang kemakmuran.

 

Karena keistimewaan ini, nasi kuning dipersiapkan khusus pula dengan waktu cukup lama dari mulai dikaru (dimasak bersama santan dan perasan air kunyit) sampai dikukus (dimasak sampai matang).

 

Menunggu momen penting untuk menyantap nasi kuning mungkin masih terlalu lama. Padahal menu nasi kuning selalu menggoda. Saya punya resep nasi kuning yang bisa disiapkan dalam waktu kurang lebih 5 menit saja. Tertarik? Mari kita coba.

 

Pertama tentu kita siapkan bahan-bahan utama yang berupa:

- 1 piring nasi putih

- 1 sendok makan air kunyit

- 1 sendpk makan margarine

- 1 butir telur ayam

Lalu bahan-bahan pelengkap yang bisa kita beli dalam bentuk kemasan siap saji adalah:

- Abon sapi - Serundeng ( kering kelapa parut)

- Klengkam ( kering kentang pedas)

- Kering tempe

Sebelum memasak, kita siapkan air kunyit yang bisa diperoleh dari parutan satu ruas kunyit dan diberi sedikit air lalu disaring. Jika tidak punya rimpang kunyit bisa diganti dengan bubuk kunyit instan yang sudah banyak tersedia di pasar tradisional atau supermarket.

Cara memasak : Kocok telur ayam lalu goreng di wajan lebar, tunggu sampai matang dan sisihkan. Selanjutnya tumis margarin, lalu masukkan nasi bersama air perasan kunyit. Aduk rata diatas api kecil sampai nasi berwarna kuning dan nasi sedikit kering. Bisa ditambahkan sedikit garam jika suka, tetapi rasa asin sebenarnya sudah didapat dari margarin. Nasi kuning sudah siap, tinggal ditambah bahan pelengkap.

Dalam menyajikannya telur dadar bisa dipotong tipis-tipis ditabur diatas nasi atau dijadikan pembungkus nasi sebelum disajikan di piring. Tambahkan bahan pelengkap berupa abon sapi, serundeng, klengkam, dan kering tempe. Sebagai pemanis bisa sajikan dengan garnis berupa potongan mentimun, tomat dan daun seledri.

 

Nah, Smart Ladies, bisa kan, menyiapkan menu istimewa dalam lima menit saja. Sebenarnya lauk pelengkap yang biasanya ditambahkan adalah potongan ayam goreng, perkedel kentang dan kerupuk udang. Tapi tanpa lauk tambahan tersebut nasi kuning sudah lezat untuk disantap. Selamat menikmati.


Post Terkait

Comments