Mudah Membuat Ayam Krispi Ala Resto

Dear Smart Ladies, siapa sih yang belum tahu kerenyahan ayam goreng krispi yang melegenda sejak kita masih kecil ? berbalut krispi renyah nan gurih seringkali menerbitkan rasa rindu untuk menikmatinya lagi dan lagi. Oleh sebab itulah tentunya akan sangat menyenangkan jika kita bisa membuatnya sendiri. Nah, resep inilah yang kemudian menjadi perbincangan hangat dalam sharing Resep Mom di Grup Whatsapp Mom Millenial pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 lalu. Mom Tita Dewi Utara, salah satu mentor di dunia kulinari, hadir sebagai narasumber pada malam itu.

Faktanya, banyak orang menganggap bahwa membuat ayam goreng krispi itu susah-susah gampang. Kendalanya ada di rasa yang seringkali tidak mirip dengan masakan resto ternama. Selain itu,teskturnya juga mengecewakan. Tak jarang tepung krispi yang dibuat sangat mudah melempem atau malah terlalu keras . Pada sharing resep malam itu, Mom Tita juga menjelaskan bahwa tidak ada rahasia khusus untuk membuat ayam goreng krispi yang keritingnya melintir-lintir, renyah dan enak. Bahkan dengan membuat sendiri Smart Ladies dapat meminimalisir penggunaan zat aditif pada masakan.

Berikut resep ayam krispi yang dibagikan oleh Mom Tita beserta cara pembuatannya :

Ayam Krispi

 

Bahan :

1 kg ayam, dipotong-potong jadi beberapa bagian sesuai selera (besar kecilnya).

 

Bahan tepung :

1 kg terigu protein sedang;

3 sdm tepung maizena;

1 sdm garam halus;

2 sdm kaldu bubuk (optional, boleh kaldu ayam atau kaldu jamur, dihilangkan juga bisa, tetapi harus menambah garam lagi);

1/2 bungkus lada bubuk.

 

Bahan marinasi:

5 siung bawang putih

½ sdt garam

½ sdt merica.

 

Bahan pencelup:

250 ml air es (harus yang sangat dingin), boleh dikasih garam lagi sedikit

Minyak kurang lebih 2 liter (untuk menggoreng 1 kg ayam).

 

Cara membuat:

1. Ayam yang sudah dipotong-potong, dikerat-kerat lagi sampai mengenai tulang tapi jangan sampai putus. Tujuannya untuk mempermudah pematangan ayam dan peresapan bumbu.

2. Haluskan bawang putih, campur dengan garam dan merica. Lumurkan pada ayam yang akan digoreng. Diamkan dalam kulkas (bukan di freezer) selama kurang lebih 1 jam. Lebih lama lebih baik.

3. Campurkan tepung terigu, merica bubuk, kaldu bubuk, garam halus sampai rata. Sisihkan.

4. Keluarkan ayam yang sudah dimarinasi tadi. Gulingkan pada tepung yang sudah dibumbui. dengan teknik urap-urap.

5. Celupkan pada air es, sampai terendam semua.

6. Gulingkan lagi pada tepung dengan teknik tadi, angkat, kibaskan.

7. Celupkan pada air es lagi.

8. Gulingkan pada tepung lagi, Kali ini dengan teknik meremas halus, dan tangan tidak langsung terkena ayam. Kibaskan.

9. Masukkan pada minyak yang sudah panas. Langsung masukkan ayam dan kecilkan api. Goreng hingga ayam kuning kecoklatan. Sajikan.

 

Catatan :

1. Minyak harus sampai merendam ayam, apabila tidak terendam, tepung tidak akan renyah (cepat melempem).

2. Pastikan tangan tidak menyentuh ayam secara langsung saat menepungi, karena dapat menyebabkan tepung di tangan basah dan menggumpal, akibatnya tepung akan mengeras.

3. Setiap 3 kali gorengan, saring minyak ayam dengan saringan teh, agar rontokan tepung tidak mengotori minyak dan membuat ayam tidak cantik warnanya.

4. Jangan sekali-kali memakai api besar karena bisa menyebabkan gosong di luarnya sementara dagingnya masih mentah.

 

Demikian tutorial pembuatan ayam krispi yang dibagikan oleh Mom Tita. Silakan mencoba ya Smart Ladies dan sambutlah keceriaan anggota keluarga yang menikmatinya.


Post Terkait

Comments