Membangun Usaha dengan Modal Kecil

Hai, Smart Ladies!

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali peluang pasar di sekitar kita entah itu offline atau  online. Tapi, banyak sekali bisnis yang ingin dirintis hanya menjadi angan-angan belaka karena kurangnya modal.

Pada dasarnya yang perlu kita ketahui adalah bisnis yang menguntungkan tidak selalu dimulai dengan modal yang besar. Sebenarnya kita bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan.

Kita kupas tips membangun usaha dengan modal kecil berikut ini

1. Mulailah Bisnis dengan Hal yang Sangat Kita Sukai

Jika kita memulai bisnis dengan apa yang kita pahami, hal itu akan membuat kita lebih mudah mengerjakan dan menjalankannya. Sebab tidak memerlukan konsultan dan bantuan orang lain. Tentunya berbisnis akan menjadi lebih menyenangkan apalagi, bisnis yang kita tekuni adalah hobi kita sendiri.

Masalah utamanya, kebanyakan orang tidak sadar apa yang mereka sukai atau hal-hal apa yang membuat mereka tertarik. Jika sudah begini cobalah berbagai hal di sekitar kita.

2. Mulai dengan Tes Pasar

Setelah langkah awal kita naik ke tahap kedua, yaitu memulai riset pasar atau tes pasar. Tes pasar ini sangat penting dilakukan supaya Ladies bisa memperhitungkan peluang sukses. Mengetahui perilaku konsumen yang akan menjadi sasaran bisnis berikutnya.

Pastikan kita benar-benar mengamati produk kompetitor dan mencari tahu tentang informasi kualitas barang, harga dan pelayanan. Hal yang paling penting, ide bisnis kita mempunyai banyak peminat sehingga risiko gulung tikar bisa kita minimalisir.

3. Manfaatkan Sumber Daya yang Ada di Sekitar Kita

Biasanya proyek yang menguntungkan membutuhkan banyak tenaga kerja. Pelaku bisnis online akan lebih mudah mendapatkan kesempatan dengan keuntungan yang bisa dibilang berlipat ganda. Tapi, karena keterbatasan sumber daya para pebisnis urung mengambil kesempatan tersebut.

Sebenarnya, kita bisa menggunakan sumber daya yang ada dalam keluarga kita dan itu biasanya cukup menghemat biaya operasional. Bisa juga dengan cara memanfaatkan tenaga kerja freelancer di sekitar rumah. Tidak perlu tergesa-gesa dengan merekrut banyak pekerja dengan kondisi keuangan yang belum stabil.

4. Pikir Ulang untuk Pengeluaran Tidak Perlu

Perlu kita ingat bahwa bisnis yang menguntungkan tidak selalu dimulai dengan modal besar, bisa juga dengan modal minim. Tapi dengan syarat, tidak mengeluarkan modal untuk hal-hal yang kurang penting.

Sejatinya jika manajemen keuangan bisnis baik maka semakin maju juga bisnis kita. Untuk mengurangi risiko pengeluaran yang tidak diperlukan, kita bisa mencatat dari awal bujet dasar sebagai panduan.

5. Menggunakan Strategi Pemasaran dari 'Word OfMouth'  

Tipe pemasaran dari mulut ke mulut dinilai sangat ampuh.Selain bernilai ekonomis, jangkauannya sangat luas. Sudah banyak bisnis online menggunakan strategi ini dan berhasil sukses.

6. Jangan Pernah Mencoba-coba Berhutang

Buat pengusaha bisnis baru, mengajukan pinjaman pada bank mungkin memang hal wajar. Namun, hal penting yang wajib kita ingat, saat kita meminjam pada bank otomatis ada bunga yang harus kita bayar juga. Jangan sampai akibat bunga ini kita justru melakukan gali lubang tutup lubang. Sebab, menghilangkan stres dari beban hutang akan meningkatkan kesuksesan bisnis kita.

7. Manfaatkan Teknologi Sebaik Mungkin

Di zaman sekarang ini teknologi sangatlah canggih, kita bisa menggunakan segala macam platform media sosial untuk promo bisnis dengan jangkauan pasar skala luas.

Semoga bermanfaat.


Post Terkait

Comments