Mangga Pisang, Mangga Varietas Baru yang Unik Asal Pasuruan

Hai, Smart Ladies!

Siapa sih yang tidak kenal buah mangga? Buah dengan daging berwarna kuning ini memang jadi idola ya, Ladies. Hampir semua orang menyukainya. Mangga muda mempunyai rasa asam yang segar. Mangga yang sudah matang mempunyai rasa yang manis. Tekstur dagingnya yang lembut cocok dimakan saat cuaca panas. Selain dikonsumsi langsung, buah mangga kerap dijadikan minuman penghilang dahaga. Varietas baru mangga kini sudah bermunculan.

Jika beberapa waktu lalu sedang booming mangga alpukat, sekarang muncul pula varietas terbaru yang tidak kalah unik. Mangga pisang namanya. Pernahkah Ladies melihat mangga ini? Tentu Ladies penasaran kan, mengapa mangga ini dinamakan mangga pisang? Mangga pisang alias mangga agri gardina 45 merupakan hasil persilangan antara mangga arummanis dan saigon. Mangga ini berasal dari Kebun Percobaan Cukurgondang, Grati, Kabupaten Pasuruan milik Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian.

Mangga pisang merupakan varietas baru yang berasal dari hasil penelitian selama 10 tahun. Awal mulai persilangan pada tahun 2003 dan baru berbuah tahun tahun 2011. Setelah dievaluasi, mangga pisang baru didaftarkan sebagai varietas baru pada tahun 2014. Wah, cukup lama ya, Ladies. Oleh karena itu, mangga ini disebut dengan jenis mangga unggulan. Mangga pisang memiliki keistimewaan dibandingkan mangga lain. Selain rasanya yang manis, cara mengonsumsinya pun unik. Kulit mangga bisa dikupas layaknya mengupas kulit pisang. Hmm, sepertinya Ladies tidak perlu repot menyediakan pisau ya. Karena rasanya yang manis dan keunikannya, mangga pisang kini mulai banyak peminatnya. Bahkan, Kebun Percobaan Cukurgondang sudah memproduksi lebih dari 2.000 bibit untuk masyarakat, lo.

Keistimewaan lainnya adalah buahnya cukup lebat dan tajuk mangga yang rendah memungkinkan untuk ditanam di lahan sempit. Tanaman ini cocok ditanam dalam pot sehingga memudahkan masyarakat umum, terutama yang tinggal di perkotaan untuk menanamnya. Tak hanya itu, mangga pisang cocok untuk dibawa ke mana saja dan dinikmati di mana pun. Hal ini disebabkan kemudahan dalam mengonsumsinya. Tanpa pisau pun Ladies dapat menikmatinya. Ladies tinggal mengupas kulitnya saja. Mudah bukan?


Post Terkait

Comments