Manfaat Daun Labu Kuning bagi Kesehatan

Smart Ladies, pastilah sudah familiar dengan labu kuning. Buah yang memiliki warna kuning cerah dan tekstur keras ketika masih mentah, tetapi lembut setelah dimasak. Selama ini, yang paling sering di jual untuk dijadikan bahan olahan makanan adalah buahnya. Umumnya dijual di pasar dalam bentuk mentah. Akan tetapi, bisa juga labu kuning ini diperoleh di toko camilan dalam bentuk sajian matang, seperti kolak, bubur, kue, ataupun dodol.

Sebenarnya, tidak hanya buahnya saja yang enak dan penuh manfaat untuk dikonsumsi. Daun labu kuning ternyata juga dapat dikonsumsi. Selain rasanya yang enak, juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Oh ya, untuk keperluan konsumsi, pilihlah selalu daun yang masih muda. Agar tekstur daun mudah lembut ketika dimasak. Terkadang, di pasar tradisional ada yang menjual daun labu kuning muda. Ketika akan membeli, pastikan terlebih dahulu bahwa sayur tersebut benar-benar daun labu kuning. Ciri-cirinya berbentuk seperti jantung dengan ujung yang meruncing. Tulang daunnya nampak jelas dan terasa menonjol ketika bagian bawah daun diraba. Memiliki tangkai yang cukup panjang, dan permukaan daun serta batangnya dipenuhi dengan bulu-bulu halus. Apabila diremas, daging daun tidak terasa kaku.

Smart Ladies, daun labu kuning memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Antara lain protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Serat pangannya juga tinggi sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan kita dari gangguan sembelit.

Keunggulan utama dari daun labu kuning adalah, kandungan kalsiumnya yang setara dengan kandungan kalsium dalam susu sapi segar. Bedanya adalah kandungan fosfor dalam daun labu kuning lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi segar. Keunggulan ini menjadikan daun labu kuning dapat dipilih sebagai alternatif asupan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor. Utamanya bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi.

Selain kandungan nutrisinya, daun labu kuning memiliki manfaat lain bagi tubuh, yaitu membantu melancarkan keluarnya air seni, karena sifat diuretik yang dimilikinya. Hal ini sangat membantu bagi penderita hipertensi untuk mengontrol tekanan darahnya. Disamping sifat diuretiknya, daun labu kuning juga bersifat antioksidan. Sehingga apabila dikonsumsi dengan takaran wajar, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Bagaimana cara mengolah daun labu kuning agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh?

Smart Ladies, daun labu kuning tidak memerlukan perlakuan khusus dalam pengolahannya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama memasaknya agar tidak terlalu lunak dan hancur. Daun labu kuning dapat disajikan dalam bentuk olahan kuah bobor, tumisan, atau dikukus untuk lalapan, urap, dan pecel.

Nah, Smart Ladies, selamat mencoba.


Post Terkait

Comments