Main Hujan Kok Bisa Sakit

Halo, Smart Ladies.

Musim hujan sudah tiba. Suka main hujan bersama teman? Atau pernah terjebak hujan saat di jalanan? Banyak orang percaya air hujan bisa membuat sakit. Mulai dari flu, diare sampai masuk angin. Bahkan bagi sebagian orang, hujan yang turun pertama kali setelah kemarau panjang itu mengandung banyak penyakit.

Pandangan ini sangat wajar, karena tidak sedikit orang yang jatuh sakit saat kehujanan. Fakta atau Mitos, Mandi Hujan Akan Sakit? Bahwa saat hujan suhu udara pasti sangat dingin di situ tubuh dipaksa mengeluarkan energi lebih banyak. Hal ini tidak masalah jika daya tahan tubuh kita kuat beda lagi jika daya tahan tubuh kita lemah. Tubuh tidak dapat mengimbangi perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Akibatnya, kesehatan terganggu karena daya tahan tubuh menurun dan mulai bermunculan penyakit, seperti diare, flu, panas, dan lain lain Jadi yang benar adalah, kehujanan tidak menimbulkan masalah kesehatan apabila data tahan tubuh kita dalam kondisi fit. Lalu kenapa kita sering sakit ketika mandi hujan atau hujan-hujanan?

1. Satu Ruangan dengan Orang yang Terinfeksi Virus

Virus flu cenderung berkembang biak dan lebih aktif saat hujan atau cuaca dingin di ruangan yang penuh orang. Pasalnya, masa itu orang cenderung berdekatan satu sama lain sehingga virus dapat menular dengan cepat. Saat satu atau beberapa teman terkena flu lalu bersin tanpa kita sadari menghirup udara yang sudah terkontaminasi, sedikit besar kita akan ikut terinfeksi.

2. Suhu Tubuh Rendah

Saat kita kehujanan, temperatur suhu akan menurun. Jika pakaian yang kita kenakan basah kemungkinan terkena hipotermia, karena terlalu banyak kehilangan suhu panas. Hipotermia ini memberi tekanan pada tubuh, termasuk sistem imun yang menyebabkan lebih mudah terinfeksi virus. Ladies bisa mencegah hal ini dengan cara menghindari air kotor yang menjadi sarang virus dan bakteri.

Gunakan baju hangat saat keluar rumah, bisa gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut supaya tidak tertular.

Sebenarnya, tanpa kita sadari aktivitas seperti mengelap meja, kursi, berjabat tangan dan menyentuh gagang pintu bisa membuat kita terinfeksi virus juga. Jadi jangan lupa rajin-rajinlah untuk cuci tangan. Semoga bermanfaat.


Post Terkait

Comments