Langkah Efektif Atasi Kurang PD Akibat Aroma Mulut Tak Sedap

Smart Ladies, sering mengalami mulut beraroma kurang sedap? Hal ini pasti akan membuat kita kehilangan rasa percaya diri, ya. Bau mulut atau halitosis, memang kasat mata, namun sangat menganggu penampilan kita.

Aroma tak sedap akan membuat kita tidak leluasa bergaul dengan orang lain. Banyak faktor yang menyebabkan mulut beraroma tidak sedap. Namun, sebagian besar diakibatkan adanya masalah pada gigi.

Gigi berlubang atau kelainan gusi menempati porsi 80% penyebab aroma tidak sedap pada mulut. Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi juga berpotensi menciptakan bakteri.

Untuk mengatasi masalah aroma tidak sedap pada mulut, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Berkumur dengan Air Garam

Air larutan garam sangat efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Rutin berkumur dengan air larutan garam akan mematikan bakteri dan otomatis menghilangkan aroma tak sedap pada mulut .

2. Hindari Makanan Beraroma Kuat

Bawang putih dan bawang bombay menimbulkan aroma tak sedap di mulut. Kandungan sulfur dari keluarga bawang ini akan tertinggal di mulut dan menyebabkan bau. Jadi kurangi atau hindari makanan jenis ini.

3. Rajin Membersihkan Gigi dan Lidah

Secara rutin bersihkan gigi dan lidah. Selain menggosok gigi, gunakan juga kawat pembersih gigi dan lidah atau dental floss. Sisa makanan yang tertinggal akan membentuk plak dan menjadi sarang berkembangnya bakteri.

4. Kunyah Permen Karet Non Gula untuk Memperbanyak Produksi Air Liur

Bau mulut bisa disebabkan karena kurangnya air liur yang ada di dalam mulut. Mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur sehingga mengurangi aroma tak sedap. Pilih perman karet non gula agar lebih sehat, ya.

5. Banyak Konsumsi Buah Bervitamin C

Vitamin C mampu membuat pertumbuhan bakteri terhenti. Dengan banyak mengonsumsi buah atau sayur bervitamin C, bau akan menghilang dari mulut kita. Vitamin C juga mampu mengikis sisa plak yang ada di sela gigi.

6. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih akan membuat aroma mulut lebih segar. Air putih berfungsi untuk melembabkan mulut dan tenggorokan. Minuman sehat ini juga mampu melarutkan bakteri penyebab bau serta sisa makanan yang tertinggal.

7. Hindari Rokok

Saat merokok, tar dan nikotin akan mengendap di dalam mulut. Hal ini akan meninggalkan aroma tak sedap. Merokok juga membuat mulut menjadi kering sehingga menimbulkan bau.

Bila telah melakukan banyak cara namun mulut tetap mengeluarkan aroma tidak sedap, segera konsultasikan ke dokter. Aroma tidak sedap dari mulut juga bisa merupakan indikasi penyakit pada saluran pencernaan. Mulut yang tak berbau, akan membuat kita lebih leluasa berinteraksi, bukan? Selamat mencoba.


Post Terkait

Comments