Lamang Khas Sampit Kalimantan Tengah

Hai, Smart Ladies.

Kenal kota Sampit di Kalimantan Tengah? Pasti kenal dong, paling tidak pernah mendengar. Ternyata, Kota Sampit punya makanan khas dan terkenal, loh. Ada lamang yang menjadi makanan khas dan dijadikan oleh-oleh dari kota Sampit suku Dayak ini. Daerah lain pun punya makanan sejenis lamang. Namun, apa yang membedakan lamang dari Sampit dengan daerah lain? Berikut penjelasannya.

 Walau bahan baku utamanya sama, tetapi yang membedakan adalah bumbu penyerta di dalamnya. Seperti kita tahu bahan baku utamanya adalah bambu tempat memasak lemang, beras ketan, dan santan kelapa. Lamang ini memakai bumbu kunyit. Kekhasan yang lain adalah penggunaan bambu buluh yang lebih tipis dari bambu yang kita kenal selama ini. Setelah beras ketan dicuci bersih, kelapa yang diparut diambil santan kentalnya, biasanya disiapkan daun pisang sebagai pembungkus utama lamang. Ditambah dengan potongan pelepah kelapa yang dibuat sebagai penjepit di tengahnya, menambah kekhasan dari lamang ini.

Dimasak paling sedikit dua dan maksimal empat jam lamanya, dengan cara rajin diputar agak matangnya merata. Biasanya aromanya sudah mulai tercium di satu jam pertama. Dimasak di tumpukan kayu bakar dengan posisi berdiri dan diputar setiap waktu. Aroma kayu bakar juga meningkahi kelezatan lamang ini. Setelah matang, biasanya lamang disajikan dengan telor bebek asin, bumbu rendang, atau bumbu sate, sebagai ciri khas lamang dari kota Sampit. Rasa gurih pada lamang yang berpadu dengan bahan makanan lain semakin menggugah selera. Biasanya lamang banyak tersedia saat Ramadhan, Idul Fitri, atau saat hari raya Natal.

Lamang juga dikenal sebagai oleh-oleh khas yang wajib dibawa bagi para travelers, walau ketahanan makanan ini paling lama hanya tiga hari. Sebaiknya langsung dikonsumsi, mengurangi risiko makanan terbuang. Tidak lengkap rasanya, jika berkunjung ke Sampit, jika tidak mencicipi lamang yang menjadi ciri khas masyarakat daerah ini.

Smart ladies, sudah mencoba lamang khas kota Sampit Kalimantan Tengah? Jika traveling ke sana, tidak ada salahnya jika mencoba makanan ini, ya. Selamat menikmati.


Post Terkait

Comments