Fakta Unik Si Cokelat yang Manis, Asal Usul dan Sejarahnya

Smart Ladies, sering mengonsumsi cokelat? Rasa yang manis membuatnya disukai banyak orang. Apalagi zaman sekarang banyak inovasi makanan terbaru yang menggunakan cokelat. Dari minuman hingga keripik berlapis cokelat. Semakin menambah pilihan jenis makanan yang bisa kita nikmati.

Cokelat berasal dari bahasa Aztec, Xocolatl, yang memiliki arti minuman yang pahit dan pedas. Nah, untuk menjelma menjadi cokelat berasa manis dan lezat seperti yang kita jumpai sekarang, banyak proses yang harus dilalui.

Cokelat berasal dari biji buah kakao. Rasa asli biji kakao ini sebenarnya pahit, loh. Pohon kakao atau cacao berasal dari Olmec di Meksiko Selatan. Zaman dulu, biji kakao yang telah kering, ditumbuk, kemudian dijadikan minuman dengan ditambah rempah-rempah. Biji kakao ini, memiliki kandungan flavonoid yang bisa memberikan sensasi tenang dan nyaman. Minuman dari biji kakao ini menunjukkan tingkat sosial yang tinggi dari penikmatnya.

Zaman dulu, kakao termasuk barang yang sangat berharga. Nah, berikut beberapa fakta unik tentang cokelat.

1. Pada tahun 700 Masehi, kakao merupakan salah satu benda yang dipuja. Dalam setiap upacara keagamaan suku Maya kuno selalu ada pahatan kakao dalam ritual mereka.

2. Suku Maya kuno juga menjadikan biji kakao sebagai mata uang. Seratus biji kakao bisa ditukar dengan alpukat, seekor kelinci, atau seekor ayam.

3. Orang Eropa baru mengenal minuman cokelat abad ke-16. Saat itu, utusan dari suku Maya Kekchi dari Guatemala membawa hadiah bubuk cokelat untuk kerajaan Spanyol. Di awal abad 17, minuman berbahan cokelat ini menjadi minuman favorit kerajaan Spanyol.

4. Dulu cokelat hanya bisa dinikmati dalam bentuk cair. Setelah ditemukannya mesin hidrolik tahun 1828, barulah diproduksi cokelat dalam bentuk padat atau batangan.

5. Orang Eropa adalah pelopor cokelat yang bercita rasa manis. Awal dibawa dan dikenalkan oleh suku Maya, cokelat berasa pahit dan pedas karena ditambah rempah. Kemudian orang Eropa berinovasi menghilangkan rempah-rempah ini dan menambahkan pemanis.

Ternyata sejak dulu cokelat sudah merupakan hadiah spesial ya, Smart Ladies. Keistimewaan ini ditunjang pula oleh kandungan cokelat yang bisa membuat orang merasa rileks. Dark cokelat juga tidak akan membuat kita gemuk. Banyak konsumsi cokelat, yuk, biar selalu bahagia.


Post Terkait

Comments