DIY Pouch Jeans No Sew

Halo, Smart Ladies!

Punya sisa potongan jeans yang masih berukuran besar? Jangan dulu dibuang! Yuk, kita sulap menjadi pouch sederhana yang cantik. Tidak bisa menjahit? Tak perlu khawatir. Pouch yang satu ini bisa dibuat tanpa menggunakan mesin ataupun jarum jahit. Simak caranya berikut ini!

Alat dan Bahan:

  • Kain jeans
  • Kain alas untuk pelapis dalam pouch (bisa di-skip jika tidak ada)
  • Ritsleting berwarna senada ukuran 17 cm
  • Hiasan (saku dan tali ban rok atau celana jeans yang sudah dibuka jahitannya)
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara Membuat:

  1. Gunting jeans berbentuk persegi panjang dengan ukuran 30x18 cm sebanyak 2 lembar. Bisa juga menyesuaikan dengan ukuran jeans yang ada.
  2. Gunting kain alas dengan ukuran 29x17 cm sebanyak 2 lembar. Ukuran kain alas ini lebih kecil daripada ukuran kain jeans.
  3. Untuk tali, gunting jeans dengan ukuran 30x5 cm. Lipat kedua sisinya yang panjang ke arah tengah, kemudian tempelkan dengan lem tembak, sehingga membentuk tali dengan lebar kurang lebih 1,5 cm.
  4. Lipat semua bagian tepi jeans kurang lebih 1 cm ke arah dalam. Beri lem agar lipatan tidak terbuka. Lakukan juga untuk kain alas. Hal ini bertujuan agar sambungan pouch nanti terlihat rapi.
  5. Selanjutnya, satukan kedua lembar jeans tadi (bagian dalam kain menghadap keluar). Beri lem pada ketiga tepinya (tepi kiri, kanan dan bawah). Tepi atas dibiarkan terbuka untuk tempat menempelkan ritsleting. Balik kembali pouch yang sudah terbentuk (bagian dalam kain berada di dalam). Lakukan juga hal yang sama pada kain alas. Namun, setelah terbentuk kantong tidak perlu dibalik (biarkan bagian dalam kantong tetap menghadap keluar)
  6. Masukkan kantong alas ke dalam pouch. Atur dengan rapi bukaannya agar sama rata dengan "bukaan pouch", lalu diberi lem untuk menyatukan bagian tepi atas keduanya.
  7. Ambil tali, satukan kedua ujungnya dengan lem dan tempelkan pada bukaan sebelah kiri pouch (bagian dalamnya agar tempelannya tidak terlihat dari luar).
  8. Tempelkan ritsleting pada bukaan pouch. Bagian yang tidak tertutup ritsleting diberi lem terlebih dahulu agar tidak terlihat berlubang nantinya setelah terpasang ritsleting.
  9. Untuk hiasannya, tempelkan saku jeans pada bagian luar pouch. Saku ini sekaligus berfungsi sebagai kantong tambahan. Kemudian tempelkan tali ban ke sekeliling tepi atas pouch sebagai pemanis. Nah, selesai sudah pouch no sew kita!

Selain jeans, kita juga bisa menggunakan kain lain. Hiasannya pun bisa diganti dengan pita, renda, bunga, kancing, dan lain-lain, sesuai selera. Begitu pula dengan bentuk dan modelnya. Yang perlu diperhatikan adalah, lem tembak mudah lepas jika terkena air. Jadi, jika ingin dicuci, disarankan untuk tidak direndam dalam air. Hanya disikat seperlunya atau dikucek dan dibilas sebentar, lalu segera dikeringkan.

Mudah bukan, Ladies? Hemat dan tidak kalah cantik digunakan sebagai tempat menyimpan alat tulis menulis, charger, headset, dan benda-benda kecil lainnya. Tertarik untuk membuatnya di rumah? Yuk, dicoba!


Post Terkait

Comments