Coba deh 5 Kerupuk Khas Nusantara Ini, Dijamin Ketagihan

Hai, Smart Ladies!

Siapa sih yang nggak suka kerupuk? Cemilan satu ini merupakan salah satu cemilan favorit semua usia. Indonesia terkenal dengan beragam jenis kerupuk dari berbagai daerah. Rasa yang khas bikin lidah bergoyang dan mulut nggak bisa berhenti mengunyahnya! Seperti 5 kerupuk dari berbagai daerah ini! Dijamin nagih, deh!

1. Gurilem

Kerupuk cemilan asal Cililin ini merupakan salah satu kerupuk favorit masyarakat Jawa Barat, lo! Bentuknya yang imut bikin tangan nggak bisa berhenti untuk ambil lagi dan lagi. Gurilem terdiri dari beberapa varian. Bagi yang tidak suka pedas, ada varian originalnya yang gurih. Tetapi jelas, yang paling favorit adalah varian pedas-manis dan pedas. Bisa kalap deh kalau disuguhi kerupuk satu ini!

2. Kerupuk Melarat

Dari namanya saja, kerupuk asal Cirebon ini sudah sangat unik, begitu pula bentuk dan rasanya yang khas. Umumnya, kerupuk melarat yang dijual terdiri dari tiga warna: pink, kuning, dan putih. Tetapi ada juga yang menjual kerupuk warna putih saja. Kerupuk melarat ini tidak digoreng dengan minyak. Rasanya yang manis-manis gurih juga bikin banyak orang ketagihan, lo!

3. Kerupuk Puli/Gendar

Kerupuk asli Jawa Timur ini terbuat dari beras. Walaupun bentuknya sederhana dan tak terlalu menarik, tetapi rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya dan ketagihan. Kerupuk ini biasa dijual mentah, sehingga cocok juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Kerupuk Mie

Kerupuk yang berbentuk seperti mie ini banyak ditemui di daerah Jawa Barat. Biasanya kerupuk ini dimakan dengan asinan ataupun bumbu kuah yang khas di masing-masing daerah setempat. Ada kuah yang terbuat dari cuka, kacang, maupun oncom. Kerupuk disajikan dengan cara mengguyur kuah bumbu di atasnya. Hmm... Lezat!

5. Kerupuk Kulit

Kerupuk khas Garut ini juga banyak sekali penggemarnya. Kerupuk ini dibuat dari kulit sapi atau kerbau asli. Gurihnya kerupuk kulit asli membuatnya cocok dijadikan cemilan ataupun teman makan bakso. Tidak hanya rasa original, sekarang pun sudah banyak varian dari kerupuk kulit ini. Selain Garut, beberapa daerah seperti Jawa Timur dan Sumatera Barat juga punya kerupuk serupa. Rasanya pun tak jauh beda dan menjadi favorit penduduk setempat.

Nah, sudah coba semua kerupuk di atas belum? Cari dan coba ya! Dijamin satu bungkus pun enggak akan cukup! Gurihnya semua kerupuk khas nusantara ini, bikin mulut enggak berhenti ngunyah deh! Selamat mencoba ya!


Post Terkait

Comments