Bolu Kukus Yoghurt Strawberry

Yoghurt atau yogurt bukan sesuatu yang asing lagi kan, Smart Ladies ? Susu yang dibuat dengan fermentasi bakteri ini memang cukup familiar, mengingat khasiatnya yang sarat manfaat bagi tubuh.

Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Saat ini
Yoghurt telah tersedia dalam beraneka macam rasa, antara lain ; rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, dan rasa cokelat.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu atau sejak abad ke-3 SM. Yoghurt awalnya terbentuk dari fermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt-nya sendiri. Meskipun demikian, sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa penemu yoghurt.

Mom Tiara, instruktur kelas pembuatan yoghurt homemade berkenan hadir di ruang grup Mom Millenial 18 Oktober 2018 lalu. Beliau membagikan resep pembuatan kue yang menggunakan yoghurt sebagai salah satu bahan dasarnya.

RESEP BOLU KUKUS YOGHURT STRAWBERRY

BAHAN :
200 gram gula pasir
3 butir telur
200 gram tepung terigu
1 sendok teh emulsifier
1 sendok teh pasta Strawberry
10 buah strawberry
100 ml yoghurt strawberry

CARA PEMBUATAN :

1. Blender yoghurt dan strawberry bersamaan. Lalu sisihkan sebanyak 200 ml.

2. Kemudian mixer semua bahan, termasuk yoghurt strawberry sampai mengembang. Gunakan mixer yang berkecepatan tinggi selama 15 menit.

3. Siapkan cetakan. Kemudian tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh.

CATATAN :
1. Kuncinya agar tidak gagal adalah pada kecepatan mixer yang harus tinggi dan adonan harus sampai benar-benar pucat berjejak.

2. Gunakan 3 butir telur berukuran kecil dan cukup 2 saja jika ukurannya besar.

3. Jumlah strawberry yang di pakai dapat ditambah sesuai selera

4. Pilihlah yoghurt plain yang kental

5. Buah bisa diganti pisang, mangga, mulberry, anggur, buah naga dan lain-lain.

Untuk 20 bolu kukus modalnya hanya berkisar antara sepuluh sampai dua puluh ribu saja.

Alhamdulillah ternyata dengan modal yang tidak besar dan teknik pembuatan kue yang sederhana, kita dapat menyajikan camilan sehat untuk dinikmati bersama keluarga.


Post Terkait

Comments