Atur Keuangan dengan Gaji Kecil

Hai, Smart Ladies.

Apakah Smart Ladies sudah berkeluarga? Apakah Smart Ladies mengalami kesulitan mengatur keuangan bulanan? Mengatur keuangan bulanan bisa dibilang susah-susah gampang.  Apalagi untuk yang berpendapatan kecil dengan sistem gaji bulanan tetap. Bagi mereka yang bergaji kecil pasti sangat kesulitan untuk menabung, bahkan bisa jadi uang telah habis pada pertengahan bulan.Hal tersebut terjadi karena mereka tidak bisa mengatur atau mengelola keuangan dengan baik untuk bisa memenuhi kebutuhan bulanan.

Semua keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depan dan membutuhkan dana untuk merealisasikannya. Sebab itu butuh pengelolaan yang baik, agar apa yang direncanakan tercapai. Ada beberapa cara mengatur keuangan dalam keluarga, antara lain:

1. Evaluasi Biaya Rumah

Cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian dari gaji bulanan sehingga banyak orang susah mengatur keuangannya. Ada baiknya, cicilan rumah tidak mencapai 25% dari total gaji. Jika memang tidak ada, cukup mengontrak rumah dengan harga yang relatif terjangkau Jika memiliki rumah pribadi otomatis kita dapat menyisihkan gaji untuk tabungan masa depan.

2. Catat Belanja Bulanan

Biasanya saat kita ke toko cenderung membeli barang sesuai dengan keinginan, padahal belum tentu barang tersebut dibutuhkan. Nah, menghindari hal tersebut ada baiknya mencatat rencana bulanan dan berbelanja sesuai catatan. Namun, jangan sampai membeli barang melebihi anggaran, karena bisa tabung untuk kebutuhan lain. Tulis kebutuhan primer dan tersier. Setelah dicatat, kita wajib konsisten terhadap alokasi anggaran yang sudah dibuat.

3. Membeli Barang yang Layak Pakai

Tidak semua barang bekas itu sudah rusak. Sebagian orang menjualnya karena sudah tidak terpakai lagi, ada pula karena segel atau kotaknya sudah terbuka, namun belum dipakai sama sekali. Harga barang bekas relatif lebih murah daripada barang baru. Membeli barang bekas yang masih dalam kondisi layak pakai sangat membantu kita untuk berhemat. Percayalah hanya dengan sedikit polesan, barang tersebut akan terlihat sama seperti yang baru.

4. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah pilihan tepat bagi Ladies yang suka belanja. Kartu kredit memang mudah digunakan untuk membeli apa saja. Bisa juga membantu pengelolaan keuangan jika digunakan dengan tepat. Seperti saat ada promo menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.  Namun, jangan sampai kita terjebak karena ada unsur bunga serta biaya administrasi di sana. Jika tidak bisa mengontrol, ada baiknya menggunakan uang tunai agar tidak boros dan berdampak serius pada keuangan kita.

5. Kurangi Naik Kendaraan

Membiasakan diri berjalan kaki atau bersepeda dapat menghemat pengeluaran BBM, selain itu, tubuh kita akan sehat karena berolahraga.

6. Mencari Penghasilan Sampingan

Menggunakan waktu luang kita untuk memiliki penghasilan tambahan. Semakin banyak penghasilan yang kita peroleh maka semakin banyak gaji yang bisa disisihkan untuk tabungan.

7. Kurangi untuk Makan di Luar

Kita bisa mengurangi makan di luar rumah untuk menghemat pengeluaran, karena biaya makan di restoran dua kali lipat daripada memasak sendiri. Boleh sesekali saja ke restoran. Banyak menghemat pengeluaran dan memikirkan baik-baik sebelum melakukan sesuatu tindakan. Disiplin adalah kunci dari kesuksesan kita mengatur keuangan.


Post Terkait

Comments