9 Tips Menghafal Alquran Untuk Smart Ladies yang Sibuk

Hai, Smart Ladies!

 

Bagi sebagian orang, menghafal Alquran adalah suatu kesempatan yang langka, mengingat kesibukan yang harus dihadapi. Banyak yang berpikir bahwa seorang penghafal Alquran itu mesti lulusan pesantren. Namun, benarkah seperti itu, Ladies? Ternyata semua orang bisa hafal Alquran, selama ada kemauan dan memahami caranya.

 

Cara menghafal Alquran di tengah kesibukan adalah salah satu tema diskusi grup WA Mom Millennial. Narasumber untuk tema ini adalah Mom Fuatuttaqwiyah, seorang guru, penulis, editor, mentor, leader, pebisnis tulisan, dan juga seorang hafizah (penghafal Alquran). Wow! Sungguh luar biasa, ya, Mom yang satu ini. Menurut Mom Fuatuttaqwiyah, kunci untuk menjadi hafizah bagi Smart Ladies yang sibuk dengan urusan rumah tangga dan karir adalah manajemen waktu. Waktu yang tersedia harus dibagi dengan jelas, kapan mengurus rumah tangga, bekerja, atau menghafal karena menghafal itu memerlukan konsentrasi.

 

Salah satu penulis buku Dalam Dekapan Mukjizat Alquran ini memberikan 9 tips untuk menghafal kitab suci umat Islam kepada peserta diskusi. Tips pertama dan utama adalah memperbaiki bacaan Alquran. Tips berikutnya adalah membaca Alquran setiap hari, mempunyai guru, dan membuat target. Berapa ayat yang harus dibaca setiap hari atau berapa juz yang akan dihafal dalam sebulan?

 

Ladies, sebaiknya kita menggunakan Alquran yang sama selama menghafalnya. Tujuannya untuk memudahkan proses hafalan itu sendiri. Selanjutnya, ayat-ayat yang telah dihafalkan harus digunakan dalam salat supaya tidak lupa. Tiga tips terakhir yang tak kalah pentingnya adalah meminta izin suami, memiliki mitra untuk menyimak hafalan, dan mengajak anak untuk ikut menghafal Alquran. Izin suami diperlukan oleh isteri agar amalan yang dilakukan bernilai ibadah. Suami pun dapat menjadi mitra kita ketika menghafal, demikian juga dengan anak. Banyak manfaat yang kita peroleh bila menghafal Alquran bersama anak.

 

Smart Ladies, menghafal Alquran memang memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Namun, menjaga hafalan tersebut sepanjang hidup ternyata merupakan perjalanan panjang yang butuh komitmen dan kerja keras. Mom yang menjadi hafizah sejak usia remaja ini menghafal lima ayat setiap hari dan memerlukan waktu lima tahun untuk menghafal 30 juz Alquran. Mom Fuatuttaqwiyah menyarankan pukul 03.00 hingga menjelang subuh sebagai waktu yang tepat untyk menambah hafalan. Sementara itu, beliau mengulang hafalan setelah salat Magrib sampai pukul 20.00.

 

Kehadiran Mom Fuatuttaqwiyah banyak menginspirasi peserta diskusi Mom Millennial untuk menjadi hafizah atau mengulang hafalan Alquran. Pada akhir diskusi, narasumber kita berpesan agar jangan malu dan ragu untuk memulai langkah menghafal Alquran dengan niat yang kuat dan usaha maksimal.


Post Terkait

Comments