9 Manfaat yang Membuat Kita Rajin Bacakan Buku Untuk Buah Hati

Buku merupakan benda berharga yang menyimpan sejuta manfaat. Melalui buku, kita bisa berselancar hingga ke ujung dunia tanpa harus beranjak pergi. Melalui buku pula, banyak pengetahuan baru yang bisa diperoleh. Sayangnya, minat baca di kalangan masyarakat masih rendah.

Padahal membaca buku itu merupakan aktivitas yang menyenangkan. Sepatutnya kita menanamkan minat baca kepada buah hati agar mereka cinta membaca.

Biasakan sejak dini membacakan buku untuk anak. Ini akan membuat mereka mencintai buku dan pasti suka membaca. Masih malas membacakan buku untuk buah hati? Banyak manfaatnya, lo.

Dilansir dari @parentingdananak, ada 9 manfaat membacakan buku bagi anak.

1. Memperkaya Kosakata

Dengan rajin membacakan buku akan memperkaya kosakata anak. Kata yang sering mereka dengar akan diserap dan disimpan dalam memori mereka. Ini akan memperkaya kosakata yang dimiliki buah hati.

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Anak yang sering dibacakan buku akan memiliki kemampuan berkomunikas lebih baik. Kebiasaan mendengar beragam kata saat dibacakan buku, jelas meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan berbahasa ini ditunjang banyaknya kosakata yang mereka punya.

3. Mengenalkan Konsep Baru

Buku adalah gudang ilmu. Melalui buku, kita bisa mengenalkan beragam konsep baru kepada buah hati. Konsep yang akan memaksimalkan tumbuh kembang mereka seperti konsep warna, bentuk, huruf, dan angka.

4. Melatih Berfikir Logis

Saat anak dibacakan beragam cerita, mereka belajar berfikir secara logis. Ini akan membantu pola pikir awal anak. Melalui cerita-cerita yang dibacakan, anak belajar sebab akibat dan konsekuensi sebuah tindakan.

5. Melatih Konsentrasi

Saat dibacakan buku, anak akan menyimak dan mendengarkan cerita. Ini merupakan cara melatih mereka berkonsentrasi pada sesuatu. Bila anak sudah terbiasa konsentrasi pada sesuatu sejak dini, mereka akan lebih maksimal dalam mengerjakan banyak hal.

6. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas

Membacakan cerita akan merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak kanan buah hati. Daya imajinasi dan kreatifitas yang berkembang maksimal di usia emas akan mempengaruhi kehidupan anak hingga usia 70-an.

7. Membuka Cakrawala

Buku merupakan jendela dunia. Didalamnya tersimpan banyak informasi berharga tentang banyak hal. Ini akan membuka cakrawala dan pengetahuan anak akan hal baru. Banyaknya informasi dan pengetahuan yang dimiliki buah hati membuat mereka lebih percaya diri.

8. Siap Menghadapi Kehidupan Nyata

Kisah yang ada di buku, mungkin suatu saat akan dialami oleh anak. Saat ini terjadi, anak akan lebih siap menghadapinya. Dari cerita yang dia dengar sebelumnya, anak bisa menentukan sikap dan tindakan yang tepat.

9. Ikatan Kuat antara Anak-Orang Tua

Saat membacakan cerita, kita akan sering berinteraksi dengan anak. Momen ini mampu menciptakan ikatan kuat dan hangat antara orang tua dan anak. Anak akan merasa orang tuanya bisa diandalkan dan selalu ada saat dibutuhkan.

Ternyata satu aktivitas sederhana memiliki manfaat yang hebat, ya. Jadi, mulai sering membacakan buku untuk buah hati, yuk! Agar tumbuh kembang mereka bisa maksimal.


Post Terkait

Comments