8 Bahaya Penyakit Dengki

Hai, Smart Ladies!

Kita pasti sering mendengar kata dengki dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu dengki? Dengki adalah membenci nikmat dan mengharapkan hilangnya nikmat dari orang yang mendapatkannya. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit hati yang sangat dicela dalam Islam, tidak hanya merusak kebaikan, bahkan bisa mendorong orang untuk berbuat maksiat dan kejahatan.

Dengki bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal status sosial, kaya, miskin, keturunan, jabatan, perempuan, maupun laki-laki. Rasa dengki ini merupakan refleksi dari rasa tidak suka, benci, dan marah karena iri.

Penyakit ini harus dijauhi karena tidak ada manfaatnya, bahkan kita akan menjadi hina di hadapan Allah. Ketika melihat teman, sahabat, atau tetangga mendapatkan nikmat, sebaiknya kita ikut bergembira dan mendoakan dengan keberkahan. Bukan malah membenci dan mendoakan agar kenikmatannya hilang.

Rasulullah SAW bersabda tentang tercelanya peerbuatan ini:

Kedengkian memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.”

(Diriwayatkan Abu Dawud dari Abu Hurairah dan Ibnu Majah dari hadits Anas)

Nah, Smart Ladies, dengki ini harus dijauhi karena sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya rasa dengki:

1. Menimbulkan Kebencian dan Permusuhan

Orang yang hatinya dengki akan senantiasa mengawasi nikmat yang Allah berikan kepada orang yang ada di sekitarnya, menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan. Berusaha membuat orang lain menjauhi orang yang sedang memperoleh nikmat dengan berbagai cara, seperti meremehkannya, menggunjingnya, atau merendahkan martabatnya.

2. Meremehkan Nikmat

Hati-hati, orang yang dengki akan beranggapan bahwa dirinya tidak pernah diberi nikmat, hanya orang lain yang mendapatkan nikmat yang lebih besar. Hal ini akan membuat orang tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan.

3. Meninggalkan Berdoa

Orang yang dengki selalu memikirkan nikmat yang didapatkan oleh orang lain. Dia lupa akan nikmat yang diterimanya, sehingga tidak pernah berdoa kepada Allah untuk meminta karunia-Nya.

4. Tidak Suka Terhadap Takdir Allah

Orang yang dengki tidak suka dengan nikmat yang Allah berikan kepada orang lain, padahal setiap manusia memiliki takdirnya masing-masing. Hal ini sama dengan tidak suka dengan apa yang Allah takdirkan dan menentang takdir-Nya.

5. Melahap Kebaikan

Sebagaimana api melahap kayu bakar, orang yang dengki akan melanggar hak-hak orang yang dibencinya, dengan menjelek-jelekkannya dan perbuatan zalim lainnya. Ini semua perbuatan dosa yang akan menghabiskan amal kebaikannya. Jika amal kebaikannya sudah habis, maka dosa orang yang didengki akan berkurang dan diberikan kepada sang pendengki.

6. Menimbulkan Kesengsaraan

Selalu merasa sengsara dan tersiksa batinnya ketika melihat orang lain mendapatkan nikmat. Dadanya sesak, sempit, dan susah hatinya setiap kali Allah memberikan nikmat kepada orang yang tidak disukainya. Dia tidak pernah merasa senang dan bersyukur dalam hidupnya.

7. Pelit Terhadap Pemberian Allah

Orang yang dengki tidak akan rela orang lain mendapatkan kenikmatan. Bahkan kalau bisa hanya jatuh kepada dirinya. Kalaupun orang lain memperolehnya, maka harus di bawah dirinya.

8. Terjerumus ke dalam Neraka

Jika penyakit dengkinya sudah akut, akan menutupi hati dari cahaya iman dan susah menerima kebenaran. Orang yang dengki akan hina di hadapan Allah, di yaumul hisab nanti timbangannya akan terbalik, sehingga neraka jahanam pun siap menyambutnya.

Demikianlah, Smart Ladies, apakah masih tetap mau mendengki? Allah memerintahkan kita untuk berlindung dari penyakit ini, serta senantiasa membersihkan hati dari kejahatan yang ditimbulkannya, supaya selamat di dunia dan akhirat. Wallahualam bissawab.


Post Terkait

Comments