6 Tips Mengurus Paspor Sendiri di Kantor Imigrasi Cirebon

Smart Ladies, apakah sedang berencana traveling ke luar negeri? Baik untuk keperluan ibadah, pekerjaan ataupun wisata. Tentunya disamping persiapan utama, hal tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah kepemilikan paspor.

Paspor merupakan identitas diri selama di luar negeri. Tanpa paspor, Smart Ladies semua  bisa dianggap pendatang gelap, tentunya akan mendapatkan masalah hukum keimigrasian. Bagi yang terbiasa traveling ke luar negeri, hal ini sudah tidak asing lagi karena pasti sudah dipastikan memiliki paspor. Namun, untuk Smart Ladies yang baru pertama kali, tentunya pengurusan paspor tidak boleh dianggap remeh. Apabila selama ini pengurusan kepemilikan paspor sering dikerjakan lewat biro perjalanan ataupun calo, ternyata Smart Ladies bisa loh mengurusnya sendiri. Tapi bagaimana caranya? .Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan acuan dalam hal pengurusan pembuatan paspor maupun perpanjangan,  di antaranya:

1. Informasi Persyaratan Pembuatan Paspor

Pembuatan paspor memerlukan persyaratan dokumen penting yang banyak. Smart Ladies bisa mencarinya dengan searching di internet apabila lokasi kantor imigrasi jauh dari tempat tinggal. Persyaratan paspor umum adalah: KTP, KK, akta kelahiran/ ijazah/ buku nikah/ surat baptis/ surat penetapan ganti nama/ surat kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing .

2. Kelengkapan Berkas

Berdasarkan persyaratan yang ada, pastikan berkas telah diperiksa dengan lengkap. Kesesuaian nama antar dokumen mutlak dimiliki. Khusus pembuatan paspor haji dan umroh pastikan nama pemohon tiga suku kata. Apabila kurang bisa ditambah dengan surat keterangan yang ditandatangi oleh pihak yang berwenang. Dokumen asli dan fotokopi harus dibawa. Adapun paspor pelaut atau anak biasanya ada tambahan persyaratan tersendiri.

3. Informasi Perihal Cara Pendaftaran

Mulai tanggal 6 November 2017, cara memperoleh antrian pendaftaran pembuatan paspor melalui aplikasi WA. Khusus kantor Imigrasi Kelas II Cirebon melalui format : #Nama#TempatTanggalLhair#TanggalKedatangan, kemudian kirim ke no 0823 2000 9000. Waktu pendaftaran WA dibuka pada Minggu malam pukul 19.00 WIB. Nomor WA setiap imigrasi akan berbeda.

4. Datang Awal Waktu

Smart Ladies agar datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan untuk memudahkan proses pelayanan.

5. Manfaatkan Momen Hari Bhakti Imigrasi

Pada Hari Bhakti Imigrasi yang jatuh pada setiap tanggal 26 Januari, kantor imigrasi biasanya mengadakan program Paspor Simpatik. Yaitu pelayanan pembuatan paspor khusus setiap hari Sabtu tertentu padahal biasanya libur. Pelayanan pembuatan paspor ini dilakukan secara antrian Walk-In artinya pemohon harus datang langsung ke kantor imigrasi untuk melakukan pendaftaran tanpa melalui aplikasi WA. Karena program khusus, jumlah yang dilayani pun terbatas. Jadi, bagi Smart Ladies yang ingin memanfaatkan momen ini pastikan datang sebelum subuh karena biasanya pendaftar membludak.

6. Siapkan Biaya Pembuatan Paspor

Biaya pembuatan paspor ada beberapa macam. Paspor baru dengan jumlah halaman 48 sebesar Rp. 355.000 dan 24 hal Rp. 155.000. Adapun penggantian paspor hilang masih berlaku untuk 48 halaman sebesar Rp. 655.000 dan 24 halaman Rp. 255.000. Hal ini bisa dijadikan anggaran yang mesti disiapkan.

Smart Ladies, demikian enam tips pengurusan pembuatan paspor yang bisa dilakukan sendiri. Selain mendapatkan pengalaman, biaya yang mesti dikeluarkan pun lebih kecil dibandingkan menggunakan jasa biro / calo. Sehingga, komponen biaya paspor tidak menggangu anggaran traveling Smart Ladies semua.


Post Terkait

Comments