6 Kata Ini Ternyata Memiliki Arti Lain

Hai, Smart Ladies!

Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah belajar tentang bahasa pemersatu, yaitu bahasa Indonesia. Namun, dalam penggunaan sehari-harinya, yang lebih banyak dipakai adalah bahasa daerah ataupun bahasa Indonesia yang tidak baku, sehingga tidak banyak kosakata baku yang kita kuasai. Nah, ternyata, jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada kata yang memiliki arti lebih dari satu, tetapi hanya salah satu saja yang populer, sementara arti yang lainnya justru hampir tidak pernah digunakan. Penasaran seperti apa contoh kata-katanya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Cekal

Artinya adalah memegang; menahan. Selain itu, cekal juga merupakan akronim dari cegah tangkal. Nah, ternyata cekal pun memiliki arti yang tidak banyak diketahui orang yaitu tahan menderita, kuat, tabah.

2. Cengkeram

Artinya memegang dengan cakar (kuku); menguasai (menggenggam). Tahukah, Ladies? Cengkeram juga berarti uang muka; uang panjar; sesuatu yang dipakai sebagai tanggungan hutang. Bisa jadi kata baru untuk menggantikan istilah DP yang biasa kita pakai, bukan?

3. Katarak

Pada umumnya, yang diketahui oleh banyak orang, katarak adalah nama salah satu jenis penyakit mata. Ternyata, katarak juga berarti air terjun besar; rangkaian beberapa air terjun pada sebuah sungai. Kita bisa membedakan artinya sesuai dengan kata-kata penyusun kalimatnya.

4. Rabun

Artinya adalah kurang jelas; kurang awas; kabur (tentang penglihatan). Namun ternyata, rabun juga bisa berarti asap (dari daun-daunan, dupa yang dibakar) untuk mengasapi rumah; mengobati orang sakit. Unik, ya?

5. Risau

Arti kata risau yang sering digunakan adalah gelisah; rusuh hati. Sedangkan arti risau lainnya adalah buruk kelakuan (suka berbuat jahat). Pilihan kosakata baru yang bagus untuk menggambarkan tokoh antagonis.

6. Siasat

Yang kita ketahui, arti kata siasat adalah muslihat; cara berperang; cara bekerja; cara untuk melakukan sesuatu; metode. Ternyata, ada beberapa arti lain dari siasat yang selama ini jarang dipakai dalam kalimat. Siasat berarti penyelidikan; pertanyaan; teliti; kecaman; teguran; celaan dan kritik. Siasat juga memiliki arti siksa; aniaya; hukuman. Banyak juga, ya, arti katanya.

Itulah contoh 6 kata yang memiliki arti lebih dari satu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Masih banyak lagi kata-kata unik lainnya. Tertarik untuk mempelajari dan menggunakannya dalam tulisan, Ladies?


Post Terkait

Comments