5 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Hai, Smart Ladies!

Sejak kecil kita selalu dimarahi jika makan cokelat berlebihan takut giginya sakit, atau setelah dewasa, Laides memusuhi cokelat karena jika mengonsumsinya takut gemuk. Anggapan tersebut tidaklah salah, tetapi jangan menghindari mengonsumsinya. Berikut lima fakta bahwa cokelat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Baik untuk Jantung

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam coklat mampu melindungi dan mencegah peradangan pada jantung. Selain itu, flavonoid dapat memperlancar peredaran darah, dengan lancarnya peredaran darah menandakan jika jantung dalam keadaan baik.

2. Mencerdaskan

Keunggulan flavonoid yang terkandung dalam sebatang cokelat dapat mencerdaskan, karena peredaran darah ke otak menjadi lancar.

3. Mengandung Vitamin dan Mineral yang Bermanfaat

Sebatang cokelat selain mengandung flavonoid juga mengandung potasium yang berfungsi mengatur tekanan darah. Kalsium untuk kesehatan tulang, magnesium membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, zat besi memberi oksigen ke darah sehingga rambut, gigi , dan kulit Ladies menjadi sehat. Vitamin yang terdapat pada cokelat, di antaranya A, B1, B2, B3, C, dan E.

4. Memberikan Perasaan Menyenangkan

Kandungan asam phenethylamine dan asam amino pada cokelat dapat mendorong pelepasan bahan kimia sehingga merangsang perasaan senang, dan gembira. Maka tidak salah jika Ladies mengonsumsi sebatang cokelat akan merasa senang dan gembira. Kalau melihat teman bersedih beri hadiah cokelat, ya. Selain itu, aroma dari cokelat jika dikonsumsi dapat gelombang theta pada otak sehingga membantu merangsang hormon endorphin, yaitu hormon yang membangkitkan rasa senang, bahagia, dan cinta.

5. Baik untuk Kulit dan Melindungi Gigi

Ladies pernah sakit gigi akibat makan coklat? Ternyata anggapan makan cokelat mengakibatkan sakit gigi bukan karena cokelatnya, melainkan karena giginya sudah bermasalah. Menurut sebuah studi menemukan bahwa kandungan theobromine pada cokelat mampu melindungi email dan memperkuat gigi melebihi flouride. Kandungan flavonoid memperlancar peredaran darah pada kulit sehingga mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Maka Ladies, mengonsumsi cokelat tidak perlu ditakutkan. Terbukti dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsi 200 mg cokelat, sayuran, dan buah-buahan. Selamat menikmati cokelat, ya. Semoga bermanfaat.


Post Terkait

Comments