5 Ciri Teman Curhat yang Baik, Jangan Salah Pilih ya, Ladies

Halo, Smart Ladies!

Ladies tentu pernah dong, curhat atau dicurhati seseorang? Atau jangan-jangan Ladies sering menjadi tempat curhat para sahabat? Saat seseorang hendak berkeluh-kesah, maka dia cenderung memilih teman yang lebih dekat dengan dirinya. Rasa aman dan nyaman akan didapat jika bercerita kepada orang yang tepat bukan?

Jika Ladies sering menjadi tempat curhat, ada kemungkinan Ladies memiliki ciri-ciri berikut ini. Simak yuk, ulasannnya!

1. Pendengar yang Baik

Seseorang dapat dikatakan pendengar yang baik jika dia lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Pendengar yang baik akan diam dan menyimak apa saja yang diceritakan sang sahabat sampai selesai. Dia akan berbicara pada waktu yang tepat atau jika diminta. Pendengar yang baik tidak akan memotong pembicaraan atau malah bercerita panjang lebar di tengah-tengah curhat.

Hal ini akan membuat ketidaknyamanan pada si pencerita. Mengapa? Saat seseorang ingin bercerita, sebenarnya orang tersebut butuh didengar. Dia akan merasa lega jika teman yang diajak bicara mendengarkannya dengan saksama dengan penuh perhatian.

2. Bukan Tukang Gosip

Apa jadinya jika orang yang pernah menjadi tempat curhat malah menyebarkanluaskan cerita kita? Apalagi ditambahi bumbu cerita yang sebenarnya malah tidak ada. Seseorang akan memilih teman cerita dengan sangat hati-hati. Hal ini bertujuan agar cerita yang mungkin saja sangat pribadi tidak tersebar luas di tangan orang yang tidak tepat. Tentu saja tukang gosip bukan pilihan yang baik, kan?

3. Bermuka Dua? Bukan Juga!

Orang yang bermuka dua adalah orang yang berkata baik di hadapan kita, tetapi mereka membicarakan keburukan kita pada orang lain tanpa diketahui. Orang semacam ini cukup berbahaya ya, Ladies. Mungkin saja saat bercerita, dia akan mendukung dan membenarkan apa yang kita lakukan. Namun, bisa saja dia malah menceritakan hal negatif tentang Ladies. Hmm, tipe seperti ini sepertinya bukanlah orang yang tepat untuk menjadi teman curhat.

4. Suka Jujur

Teman yang baik akan jujur terhadap apa yang kita lakukan. Mereka akan mengungkapkan pandangannya tanpa segan, membenarkan apa yang kita lakukan jika itu salah, memberitahu bahwa kita keliru. Mungkin akan sedikit kaget, namun hal ini lebih baik daripada kita tidak pernah tahu kesalahannya,  bukan?

5. Suka Memberi Suntikan Semangat

Setelah selesai bercerita, biasanya Ladies akan meminta saran pada teman curhat. Teman curhat yang baik suka memberi saran positif. Mereka akan memilih kata-kata yang baik agar kita lebih semangat dan tidak menjatuhkan mental. Teman bertipe ini sangat baik untuk mendorong Ladies agar tidak terpuruk dan lebih semangat menghadapi hari.

Nah, itulah lima ciri teman curhat yang baik. Adakah teman Ladies yang mempunyai lima ciri di atas? Kalau iya, itu berarti dia salah satu teman yang tepat untuk dijadikan teman curhat. Jangan salah pilih ya, Ladies.


Post Terkait

Comments