4 Sikap Ini Harus Ladies Miliki Jika Ingin menjadi Guru

Hai, Smart ladies!

Semua orang tahu, guru adalah profesi mulia. Bukan hanya mencerdaskan anak didik, guru mempunyai peran penting dalam pembentukan kepribadian bangsa. Tanpa hadirnya guru, negara akan pincang. Tidak akan ada pencetak kader-kader pemimpin bangsa. Tidak semua orang bisa menjadi guru. Apalagi zaman sekarang, guru dituntut untuk kompeten dan profesional.

Layaknya peribahasa, guru kencing berdiri murid kencing berlari. Peribahasa tersebut menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan guru akan ditiru anak didik. Untuk itu, sudah selayaknya guru mempunyai sikap-sikap berikut agar menjadi suri tauladan yang baik.

1. Sabar

Apakah guru harus selalu sabar? Guru sudah pasti harus sabar. Namun, ada kalanya guru marah sehingga terlihat galak di mata anak didik. Namun, hal itu semata dilakukan dalam situasi tertentu. Semisal dalam menghadapi murid yang nakal dan suka membantah. Maka, guru juga punya trik tertentu untuk mengatasi masalah tersebut, seperti berubah menjadi galak dan lebih tegas. Akan tetapi, coba Smart Ladies hitung, ada berapa banyak kesabaran dan kelembutan yang guru berikan selama mengajar dibandingkan dengan sikap marah mereka?

2. Bijaksana

Acap kali, guru dituntut mencari solusi sekaligus memutuskan masalah yang dihadapi anak didik di sekolah. Oleh karena itu, seorang guru harus bijaksana. Seorang guru harus lebih bijak dan obyektif dalam melihat suatu permasalahan agar solusi yang diberikan lebih adil.

3. Kreatif

Bukan hanya murid, guru pun adalah pembelajar lho, Ladies. Setiap hari mereka belajar dari anak didik dengan berbagai macam karakter. Ada anak didik yang pembosan, ada yang rajin, ada pula yang pemalas. Jadi, guru juga harus kreatif menemukan dan menciptakan metode belajar yang tepat bagi anak didik. Hal ini dilakukan, agar ilmu yang mereka sampaikan bisa dipahami dengan baik.

4. Disiplin

Segala tingkah laku guru akan ditiru oleh anak didik. Jika guru disiplin, maka anak didik akan mencontohnya. Guru yang disiplin akan memberi teladan tentang managemen waktu yang baik. Hmm, beratkah Ladies melaksanakan sikap-sikap tersebut?

Jika Smart Ladies bercita-cita menjadi guru, maka tidak ada salahnya Ladies mulai membiasakan 4 sikap tersebut. Ingat ya Ladies, guru juga manusia yang bisa salah dan lupa. Jadi, guru bukan sosok sempurna yang tidak mempunyai cacat dan cela. Yang paling utama, tujuan guru adalah untuk mendidik putera-puteri bangsa demi kemajuan bangsa. Selamat Hari Guru.


Post Terkait

Comments