3 Etika Menjenguk Orang Sakit

Hai, Smart Ladies! Salah satu adab yang menjadi hak sesama musllim adalah menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit selain sebagai suatu perbuatan mulia yang akan mendapatkan keberkahan, kasih sayang dan ampunan dari Allah swt., juga sebagai jembatan pengikat tali persaudaraan. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan saat menjenguk kerbat, sahabat atau tetangga bahkan orang yang kita benci saat sakit.

1. Niat ikhlas

Ketika menjenguk orang sakit hendaknya diiringi niat yang ikhlas, untuk beramar ma’ruf atau mencegah keburukan dan dilakukan dengan lemah lembut. Tidak ada maksud mengharapkan sesuatu hal dari orang lain atau keluarga yang sakit. Karena hakikatnya orang sakit atau keluarganya sedang tertimpa musibah.

2. Mendoakan

Saat kita menjenguk orang sakit Rasululloh mencontohkan untuk mendoakannya, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik. اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

3. Menghibur atau Menggembirakan Hatinya

Keutamaan yang sangat besar, para malaikat mendoakan orang yang menjenguk orang sakit. Karena menjenguk orang sakit dapat memberikan energi positif, semangat kepada yang sedang sakit. Oleh sebab itu kita dilarang untuk memberikan berita-berita yang akan membuat kesehatannya lebih memburuk atau menakut-nakuti dengan kondisi yang sedang dia hadapi. Alangkah baiknya jika kita menceritakan hal-hal yang akan memotivasinya untuk bangkit dan sembuh dari penyakit dengan berserah diri kepada Allah swt.

4. Memilih Waktu yang Tepat

Kita harus memperhatikan jadual kunjungan ketika menjenguk orang sakit, baik di rumah sakit atau pun di rumahnya sendiri. Hal itu ditetapkan dengan pertimbangan bahwa orang sakit membutuhkan istirahat yang cukup. Sehingga saat menjenguk hendaklah kita memperhatikan waktu yang tepat, waktu yang tidak memberatkan orang sakit. Bahkan lebih baik jika kita meminta ijin sebelum menjenguknya dan tidak berlama-lama.

Demikian, Smart Ladies etika yang harus diperhatikan saat menjenguk orang sakit, baik itu kerabat, sahabat atau tetangga. Bahkan Rasulullah memberi contoh, orang yang mencelakainya pun saat dia sakit, Rasulullah tetap menjenguknya. Wallahu ‘Alam bi shawab.


Post Terkait

Comments